Festival Musim Semi Korea Bukan Cuma Bunga

Spring, Korea – Namanya juga ‘musim semi’, pasti identiknya yaaa cuma satu “BUNGA”. Iya gak? Iya gak? hehehe. Dan biasanya, nih gengs… di negara 4 musim, gak jarang deh yang punya kalender cherry blossom di tiap-tiap daerah dengan beragam festival untuk memeriahkan bunga-bunga yang bermekaran. Begitupun di KOREA SELATAN! yang so pasti, musim seminya selalu rame wisatawan dan festivalnya selalu jadi incaran. Ada Festival Bunga di Taean, Festival Sakura di Pulau Jeju, Festival Yeongdeungpo Yeouido, Festival Jinhae Gunhangje, Festival Maehwa Gwangyang dan Festival bunga-bunga lainnya. Sayang banget, karena covid-19 dua tahun terakhir jadi gak ada festival huhuhu. Semoga dunia bisa pulih kembali dan International Border segera dibuka. Aamiin Yaa Allah….

Tapiiii, gak melulu loh musim seminya Dae Han Minguk ini bicara soal ‘bunga’. Karena banyak bangeeeet Festival Budaya dan Makanan Lezat yang di luar topik bunga. Kalian udah pernah tau atau dengar belum nih, gengs? Kalo belum, nih Ujame kasih 5 contoh Festival Musim Semi Korea yang Bukan Bertemakan BUNGA namun GAK KALAH SERUNYAAAA!

  1. Festival Kepiting Salju Uljin

Festival yang biasa diadakan di Pelabuhan Hupo ini memang sangat diminati warga Korea karena waktu yang asik dan tepat buat ‘memanen’ kepiting salju yang besar dan bewarna merah khas Uljin. Dan warga bisa mengikuti festival dengan menangkap kepiting, langsung mengangkat kepiting dari jaring dan makan kepiting! Lalu, Pas tahun 2017 festival ini memecahkan Guinnes Book of World Records karena berhasil membuat Kimbab raksasa yang diisi sayur dan daging kepiting lalu dibagikan ke seluruh pengunjung.

Buat yang punya keinginan? bisa ala-ala namsan tower, tinggal menuliskan ke cangkang kepiting (bukan gembok) lalu digantungkan dengan tali warna warni. Seru bangeeeet gengs!

Periode: 28 Februari-3 Maret

Alamat: Hupo-ri, Hupo-myeon, Uljin-gun, Gyeongsangbuk-do
경상북도 울진군 후포면 후포리

Lokasi: Area Plaza Hanmaeum & Plaza Wangdolcho di Pelabuhan Hupohang, Uljin-gun, Gyeongsangbuk-do

Durasi Pertunjukan: Bervariasi berdasarkan pertunjukan

Transportasi
[Bus]
Dari Terminal Bus Dong Seoul, naik bus antarkota ke Hupo.
Dari Terminal Bus Hupo, seberangi jalan dan naik bus menuju Uljin-Pyeonghae.
Turun di Halte Bus Hupo Suhyup.

  1. Festival Api Jeju

Kali ini festival dari tradisi kuno masyarakat Korea yaitu membakar ladang yang sudah dipenuhi ilalang dengan tujuan untuk membasmi hama. Kebiasaan membakar ladang ini biasanya dilakukan menjelang masa tanam untuk bibit-bibit yang baru. Meskipun memakai cara kuno, tapi bukan Korea namanya kalo gak menarik! festival ini dikemas modern dengan pertunjukan laser, parade obor, permainan yutnori dan juldarigi, lalu pertunjukan kembang api di as Oreum, gunung api berparasit.

Ada juga lho acara-acara lain yang tak kalah seru selama festival api ini berlangsung. Misalnya saja akan ada sesi meramal, perjalanan naik gunung, ataupun festival kuliner, yang juga menampilkan sup kacang merah Korea yang populer itu.

Periode: 12-15 Maret

Alamat: San 59-8, Bongseong-ri, Ayeol-eup Jeju-si, Jeju-do
제주 제주시 애월읍 봉성리 산59-8

Lokasi: Saebyeol Oreum

Transportasi
[Bus]
Dari Bandara Internasional Jeju, naik Bus 100 ke Terminal Bus Antarkota Jeju.
Dari Terminal Bus Antarkota Jeju, naik bus antarkota yang menuju ke Jalan Pyeonghwa-ro.
Turun di Desa Hwajeon.

Baca Juga: Spring di Korea Selatan, Kemana, Ngapain dan Makan Apa Aja?

 

  1. Yeon Deung Hoe (Festival Lentera Teratai)

Parade Festival Lentera besar-besaran dan menganggumkan ini selalu meriah setiap tahunnya dan masuk ke daftar warisan budaya bukan benda UNESCO lho gengs! Pada sejarahnya, perayaan ini untuk memperingati kelahiran Buddha dalam agamanya. Namun uniknya, perayaan ini diikuti oleh seluruh golongan tanpa memandang latar belakang ras, suku maupun agama dengan tema strategisnya, ‘We Can Make a World without Discrimination’. Semua warga berkumpul dan berbahagia bersama turun ke jalan.

Hal yang menjadi sorotan dalam festival lentera teratai adalah parade lentera! Melewati Gerbang Heunginjimun dalam perjalanannya di sepanjang Jongno Avenue ke Kuil Jogyesa, parade berskala besar ini adalah pemandangan yang benar-benar indah untuk dilihat. Dan pasca parade ada pertunjukan musik tradisional dan pertunjukan musik modern yang membuat semua pengunjung akan merasa terhubung saat mereka bergandengan tangan

Untuk informasi waktu, tempat dan lainnya silahkan cek:
di sini karena Festival ini memiliki serangkaian acara

  1. Festival Jalan Laut Keajaiban Jindo

Tak hanya di darat, Festival musim semi Korea juga ada yang diadakan di Laut. Di mana Jalan Laut Keajaiban Jindo adalah jalur selebar 40 meter dan sepanjang 2,8 kilometer yang menghubungkan dua pulau yang hanya muncul sekitar satu jam pada saat air surut secara ekstrem. Festival untuk fenomena luar biasa tersebut menarik lebih dari 500.000 pengunjung setiap tahun. Kegiatan tambahan yang dapat dinikmati sambil menunggu jalan ini muncul termasuk menonton pertunjukan fantastis anjing Jindo, monumen alam, mencoba hongju (minuman keras merah) Jindo, dan menikmati keramahan khas Jindo.”

Selama hamparan pasir terlihat berhari-hari, pengunjung festival bisa jalan-jalan santai dari Pulau Jindo ke Pulau Modo, mencari kerang, dan berfoto.

Periode: 08-11 April 2021

Alamat: Wilayah Modo-ri, Jindo-gnam-doun, Jeolla
전라남도 진도군 고군면 회동리 및 의신면 모도리 일원

Lokasi: Hoedong-ri, Gogun-myeon, Jindo-gun

Durasi Pertunjukan: Bervariasi berdasarkan program

Transportasi
[Bus Ekspres/Antarkota]
Dari Terminal Central City Seoul atau Terminal Bus Dong Seoul, naik bus ke Terminal Bus Jindo.

[Bus]
Dari Terminal Bus Jindo, naik bus menuju Gagye-Hoedong atau Songgun-Hoedong dan turun di Halte Bus Hoedong.
Jalan kaki sekitar 40 m di pinggir laut untuk mencapai tempat festival.

 

  1. Festival Budaya Wangin Yeongam

Festival Budaya Wangin Yeongam diadakan pada awal April ketika bunga sakura mekar sepenuhnya untuk mengenang pencapaian Dr. Wangin Korea, yang melakukan perjalanan ke Jepang lebih dari 1.600 tahun yang lalu untuk menyebarkan pengetahuan, budaya, dan seni Korea. Festival ini berlangsung di Situs Bersejarah Dr. Wangin dan Taman Bersejarah Sangdaepo. Turis dan penduduk setempat dapat menikmati berbagai acara selama periode festival.

Periode: 2-5 April

Alamat: 440, Wangin-ro, Yeongam-gun, Jeollanam-do
전라남도 영암군 군서면 왕인로 440 (군서면)

Lokasi: Area di sekitar Situs Bersejarah Dr. Wangin

Waktu Pertunjukan: 10:00-21:00

Transportasi
[Bus]
Dari Terminal Central City Seoul, naik bus antarkota menuju Mokpo. Dari Terminal Bus Mokpo, naik bus lokal menuju Yeongam dan turun di Halte Bus Situs Bersejarah Dr. Wangin.

[KTX]
Dari Stasiun Yongsan, naik kereta menuju Stasiun Mokpo.

 

Gimana? Seruuu-seruuu banget kan? Ini baru 5, sebenarnya MASIH BANYAAAAAK LAGI GENGS! Festival Musim Semi di Korea Selatan yang bukan bunga. Ada Festival Pantomim Chuncheon, Festival Chasabal Tradisional Mungyeong, Festival Bambu Damyang, dan lainnya.

Waaah… gokil banget sih~ kalau pas liburan musim semi di Korea bisa berpapasan dengan salah satu Festivalnya. Sekarang #SaveDuluAja sambil didoain supaya bisa ke sanaaa~

Dan kalau kalian cari informasi seputar destinasi wisata dan beragam perjalanan seru di Korea Selatan bisa cek instagram @kto.id atau website #AkuDanKorea #KeKoreaAja 

 

Mungkin kamu juga suka ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.