Petualangan Seru: Sehari Jadi Murid Hogwarts di The Wizarding World of Harry Potter, USJ

Menghabiskan waktu ke wahana hiburan di Luar Negeri? Sebenarnya ini bukan gaya liburan yang Ujame banget! Karena kami lebih suka mengeksplor tempat-tempat lokal, cari destinasi anti mainstream dan spot foto cantik seraya menikmati kuliner atau jajanan lokal khas daerah/negara tersebut. Tapiiii.. pengecualian buat liburan yang satu ini hahaha.

Touchdown, Universal Studio Japan

Sebelumnya, planning awal Ujame liburan ke Jepang-nya tuh ke Tokyo. Tapi berhubung tiket murahnya ke Osaka, makanya pindah haluan lah jadi liburan ke kota ini. Dan seperti yang kita semua tau, kalau di Osaka ada Theme Park hitsss kesayangan semua kalangan bangsa sihir yaitu Universal Studio Japan. Dan sebagai Potterheads tentunya gak mau dong melewatkan buat berkunjung ke sana!! Bisa nyesel tujuh turunan kalo gak kesampean ahahaha. Terlebih, pas Ujame kesana tuh bertepatan hari lahirnya salah satu dari kami (Puti), so ini jadi momentum yang memorable banget pastinya. Bisa happy-happy di Jepang, terlebih di USJ. Padahal gak ada niat celebrate juga sih hehehehe.

So, ada apa aja sih di Universal Studio Japan? Siap-siap membaca keseruan artikel ini ya~ dan kalo di antara pembaca ada pecinta series film dan buku Harry Potter, Ujame doakan supaya BISA KESINI YAAA!! GAK BAKALAN NYESEL DEH PASTINYA!! (capslock jebol). Trus, buat yang gak suka Harry Potter gimana? Apa tetap worth to visit? Maka jawabannya, IYA DONGGG!! Karena USJ bukan cuma ada wahana atau atraksi pertunjukan Harry Potter aja, tapi banyak wahana lainnya.

Kenalan dulu sama Universal Studio Japan

Tak kenal maka tak minat wkwk, bukan tak zeyeng. Yaiyalah, gimana mau minat ke USJ kalo kita gak tau gambaran terkait ada apa aja sih di sana. Oke gaes, USJ sendiri adalah taman bermain yang luas banget! Menurut informasinya, luasnya sekitar 39 hektar. Dan di dalamnya, terbagi menjadi 10 wilayah wahana seru, diantaranya; Hollywood, New York, Minion Park, San Fransisco, Jurrasic Park, Water World, Amity Village, Universal Wonderland, Throughout the Park dan the famous, The Wizarding World of Harry Potter. WAAAAAAAAAKKK! *bentar, tahan-tahaaan~~

Biar SAH ke Universal Studio, foto depan bola dunia dulu XD

Dan di 10 wilayah wahana tersebut ada banyak sekali atraksi dan hiburan berupa Parade, Ride Attraction, Theater Show, Playland, Greeting, Walkthrough, Street Entertainment, Wand Attraction, Stage Show dan Street Show. Berikut pembagiannya ya, gaes Ujame sebutin~

Hollywood : Universal Spectacle Night Parade, Hollywood Dream The Ride/Backdrop, Attack on Titan XR Ride, Sesame Street 4D Movie Magic, Shrek’s 4-D Adventure, SING ON TOUR, Playing with Curious George, Eternal Wish – Wishing on Star Together, Universal Monsters Live Rock and Roll Show;

New York : The Amazing Adventure Spiderman, Terminator 2:3D, 42nd Street Studio –Greeting Gallery- Minion Park : Despicable Me Minion Mayhem, Freeze Ray Sliders;

San Fransisco : Backdraft; Jurrasic Park : The Flying Dinosaurus, Jurrasic Park The Ride; Water World : Water World; Amity Village : JAWS; Universal Wonderland : The Flying Snoopy, Snoopy Great Race,

Hello Kitty Ribbon Collection, Hello Kitty Cupcake Dream, Big Bird’s Big Top Circus, Elmo’s Little Drive, Elmo’s Go-Go Skateboard, Moppy’s Ballon Trip. Sesame’s Big Drive, Elmo’s Bubble Bubble, Moppy’s Lucky Dance Party; Throughout the Park : Minions Hacha-Mecha World Greeting, Power of Pup: UK Edition, Sesame Street Afrobeat, East Meets West Quartet II, Mister Flying Hats, Minions Greeting: Easter Ver, Myfriend Dinosaurus, Wonderland Seasons’s Joy: Easter Ver.

And theennnn… the last one!! Ujame bikin highlight sendiri nih~~~

THE WIZARDING WORLD OF HARRY POTTER; Harry Potter and the Forbidden Journey, Flight of the Hippogriff, Wand Studies, Frog Choir, Triwizard Spirit Rally, dan Wand Magic. OMO OMO OMOOOOO!!

Yaampuun sekolah idaman XD

Nanti Ujame bakalan jelasin wahana dan atraksi lebih detail di The Wizarding World of Harry Potter ya gaes~ yang mana ini jadi salah satu main point di tulisan kali ini hehehe. Tapi yang jelas, ada sebanyak itu jenis atraksi dan hiburan yang bakalan kamu dapatkan kalo main ke USJ! Makanya, sayang banget nih kalo kamu gak memanfaatkan waktu sebaik-baiknya selama liburan di sana. Tapi semua atraksi itu gak selalu ada atau buka juga ya, gaes~ tergantung jadwal kedatangan kamu ke sana. Kamu bisa lihat jadwal tersebut di website USJ atau saat kamu masuk ke USJ, kamu bakalan dapat map guide & schedule tersebut di pintu masuk.

Masuk USJ, jangan lupa ambil map & schadule ya gaes biar memaksimalkan waktu~

Rasanya Sehari Jadi Murid Hogwarts

*teng teng teng teng, teng teng, teng~~* kamu bacanya bernada gak? Wkwkwk. Itu loh instrument yang jadi backsound film Harry Potter kalo pas sebelum filmnya dimulai. Naaaahh suara itulah yang akan kamu dengar kalo kamu berjalan ke arah wahana The Wizarding World of Harry Potter. Dari kejauhan, kamu bakalan dengar sayup-sayup suara yang menggelitik ini hahaha. Kamu tau gimana perasaan kami saat mendatangi sumber suara setapak demi setapak? Antusias, terharu, merinding, aaaah campur aduk jadi satu huhuhu. Saat menulis ini pun, Ujame rasanya mau mengulang moment menggilakan tersebut. LEBAY? NOOO!! You never know until you try with yourself! Apalagi kalo kamu potterheads!

OH YA, SEBELUMNYA KENALAN DULU YA~ Khusus di hari tersebut nama Ujame berubah jadi Puti Granger dari Gryffindor dan Nopi Abbot dari Hufflepuff wkwk

Nopi Abbot & Puti Granger dari Hufflepuff and Gryffindor foto dulu depan sekolah XD

Dan sebelum masuk ke wahananya, kamu bakalan melewati jalan berliku-liku dengan pemandangan hutan pinus. Yaa serasa masuk hutan terlarang! Trus pas udah mau mendekati, di satu sudut kamu bakalan lihat mobilnya si Ron di bawah pohon. Ituloh mobil yang dinaiki Harry sama Ron Weasley ke Hogwarts dari Kingcross, London gara-gara gak bisa menembus platform ¾. Ingat??

Bisa gak bolak balik Jakarta-Jepang naik mobil Ron aja? :p

HOGSMEADE

Nah setelah kamu melewati hutan terlarang, tibalah kamu di depan pintu gerbang desa Hogsmeade!!! Desa sihir yang benar-benar didesign mirip pake banget sama yang di film! Detail atap-atapnya khas dan meriah dengan sentuhan ornamen salju! Ditambah pas Ujame ke sana lagi winter, yaampuun happy vibes-nya GAK BISA DIUNGKAPKAN DENGAN KATA-KATA.

Sama seperti di film, desa Hogsmeade memiliki stasiun kereta uap yang bertugas mengantarkan murid-murid dari Hogsmeade ke Hogwarts. Di sana ada loh salah satu replica gerbong kereta dan petugasnya. Kamu bisa foto bareng gaes!

Ujame kalo mau sekolah naik kereta ini gaes, dari desa Hogsmade Xp

Dan selain itu,  Hogsmeade pun juga dipenuhi dengan toko-toko sihir seperti Madam Paddifooot, Honeydukes, Zonko Joke Shop, Ollivanders, Wiseacre’s Wizarding Equipment, Owl Post & Owlery, Dervis and Banges, Gladragrs Wizardwear, dan Flich’s Emporium Confiscated Goods. Ada yang bisa nebak gak itu toko atau restoran apa? Sebagian ada yang di film loh~~ nih yak Ujame jelasin hihi

Toko-toko di Hogsmeade

  • Honeydukes

Toko permen warna warni dan aneh! Yang biasanya terkenal tuh salah satunya Bertie Bott’s. si permen jelly yang di makan Harry pas di kereta dan punya beragam rasa. Dari yang enak kaya pisang, marshmallow, semangka, cinnamon sampe yang aneh rasa up*il, debu, rumput, muntah, kotoran telinga, sabun dan lain sebagainya XD bisa banget buat ngeprank gaes~ Ujame? Liat-liat aja wkwk. Selain Bertie Bott’s ada juga Chocolate Frog dan Every Flavour Beans.

  • Zonko Joke Shop

Yang menjual alat-alat receh dan unik buat ngerjain orang, kaya alat telinga yang bisa diperpanjang dan digunakan buat menguping hahaha. Toko ini kalo di film sering banget dikunjungin sama si kembar George & Tred Weasley.

  • Ollivanders

Nah kalo yang ini pastinya udah gak asing lah ya gaes~ toko yang menjual beragam tongkat sihir. Dan di sini, juga ada pertunjukannya sekitar 20 menit. Di mana para pengunjung diajak masuk ke dalam ruangan tanpa cahaya dan remang-remang. Percis banget kaya di adegan Harry Potter and the Sorcerer’s Stone trus di dalamnya ada bapak-bapak berjubah yang ceritanya Olivander. Kemudian menunjuk salah satu dari pengunjung untuk mencoba mantra dengan tongkat!

Dan ending-nya pengunjung yang beruntung itu dapet tongkat GRATIS deh!! Seharga paling murah sekitar 4,000 JPY. Uwuwww!! Dan kalo misalnya kamu membeli tongkat sihir, selama di wahana Wizarding World of Harry Potter, kamu juga bisa menggunakan Wand Magic tersebut di beberapa spot di Hogsmaeade seperti di jendela khusus, di batu atau di belakang gang. Tinggal membaca mantra yang sesuai dengan perlahan, melambaikan tongkat, maka sihir pun benar-benar terjadi gaes XD seperti menerbangkan benda, menurunkan salju atau meluapkan air dari kuali besar. SUPEEERRRRR SEKALIIIH!

  • Wiseacre’s Wizarding Equipment

Yang menjual pernak-pernik kebutuhan sekolah sihir kaya dasi, jubah, teropong, kaca pembesar, dsb. Lalu ada Owl Post & Owlery yang menjual kebutuhan burung hantu, alat tulis, perangko atau surat bercap Hogsmeade, lalu Dervish and Banges yang menjual seragam dan peralatan quidditch plus di sini ada baby Mandrake yang suara tangisannya bikin pecah telinga hahha, dan Gladrags Wizardwear yang menjual pakaian, aksesoris dan perhiasan. Salah satunya yang dijual adalah dress-nya Hermoine yang dipakai di pesta dansa Yule Ball.

Restoran di Hogsmeade

Gak cuma toko-toko aneh, Hogsmeade juga punya restoran. Namun berhubung jiwa miskin bergejolak dan antrian panjaaaaangg~~ akhirnya Ujame gak jadi makan di sini. Alhasil jajan aja deh hehe. Untuk restoran sendiri ada 2 yaitu: Three Broomsticks: restoran yang menjual the famous BUTTERBEAR, jus labu, fish and chip dan kue gembala. Restoran ini suka banget dikunjungi sama guru-guru & murid Hogwarts dan tempatnya luas banget gaes!! Tapi kalo kamu cuma mau minum butterbear gak perlu di resto ini ya gaes, karena ada mini counter-nya gitu percis di depan restonya.

Kalo mau beli Butterbeer gak perlu masuk ke restonya, ada mini conternya kok di depan 🙂

Dan rasanya?? OMGGGGGG ENAK BANGET GAES!! Perpaduan rasa sirup butterscotch, krim soda dan krim kental benar-benar BIKIN NAGIH! Disajikan dengan 2 pilihan hangat dan dingin. Kalo yang dingin bersoda, tapi kalo yang hangat engga gaes! Trus punya 3 pilihan ukuran yang standart dengan gelas plastik, medium dengan gelas mika dan yang besar dengan gelas almunium. Gelas mika dan almunium bisa dibawa pulang buat dijadikan oleh-oleh.

Dan restoran lainnya yaitu, Hog’s Head, yang isinya tentang beragam minuman semacam butterbear yang diolah oleh restonya sendiri. Bisa dinikmati sama segala usia karena no alcohol gaes!

Dan selain kedua resto di atas, banyak juga jajanan di sekitar Hogsmaeade seperti curross, jagung rebus, jus labu dan sebagainya.

Kiri: Hot Butterbeer, Kanan: Cold Butterbeer

STREET ENTERTAINMENT

Dan setelah kita melewati toko-toko dan restoran-restoran di Hogsmeade, maka sedikit lagi kita akan sampai pada kastil Hogwarts. Namun sebelum sampai sekolah, kita mampir dulu di halaman sekolah yang menampilkan hiburan secara terbuka seperti; Wand Studies, Frog Choir dan Triwizard Spirit Rally yang SUPER MENGHIBUR BANGET!!

Foto sama teman-teman sekolah. Jubah Ujame ketinggalan di Perpus XD

Untuk Wand Studies yaitu penampilan dari murid Hogwarts 4 asrama; Gryffindor, Slytherin, Hufflepuff dan Revenclaw yang lagi berlatih mantra-mantra tongkat sihir. Seketika mantra-mantra yang ada di film terdengar semua. Seperti mantra, ‘Bombarda Maxima’ untuk meledakkan benda, atau ‘Wingradium Laviousa’ untuk menerbangkan benda dan sebagainya. Seru banget gaes! Kalo kamu punya tongkat sihir, nanti salah satu murid Hogwarts bakalan nunjuk kamu secara random dan mencoba sebuah mantra menggunakan tongkatmu.

Kemudian untuk Frog Choir, kamu akan melihat paduan suara yang indah dari 4 murid asrama Hogwarts ditemani dengan kodok mereka yang berbakat wkwk. Asik asik lucu gitu penampilannya~

Frog Choir, Street Entertainment, Universal Studio Japan

Dan terakhir untuk Triwizard Spirit Rally, duuuh ini gemes siiih~ tapi sayangnya pas Ujame ke sana gak ada jadwal pertunjukannya L intinya ini tuh penampilan ciwi ciwi cantiksss berdansa gitu deh, ciwi ciwi yang datang dari Beauxbatons dan Durmstrang yang jadi tamu ke Hogwarts. Percis kaya di film! Huffft sediiih.

HOGWARTS

AND FINALLY~~~ YANG DITUNGGU-TUNGGU!! Saatnya masuk sekolah gaes XD yaampun lihat sekolahan dari jauh aja rasanya merinding bukan main. Plus degdegan gitu, soalnya pelajaran pertama itu bareng Prof. Snape, takut dihukum kalo salah mantra wkwkk *plaaak haluku*

  • Flight of The Hippogriff

Nah sebelum masuk ke kastil Hogwarts, kamu bakalan dikasih pilihan buat mampir dulu ke rumahnya Hagrid nih gaes~ rumahnya miriiiiip banget kaya di film, plus ada motornya juga lagi hahaha. Dan spesialnya, kamu bakalan nemuin Buckbeak dan diajak terbang sama dia hehe. Inget kan Buckbeak yang mana? Itu looooh burung Elang raksasa bertubuh kuda yang hampir dipenggal gara-gara si licik Darco Malfoy, untung aja si Harry and the gengs berhasil memutar waktu. Yaampun sedih banget loh pas bagian ini, sebelnya sama si Darco sampe ke ubun-ubun wkwk.

Tapiii pastinya burung Buckbeaknya gak asli ya gaes, yakaliiii ngeri ugha wkwk. Tapiiii diubah tampilannya jadi Roller Coaster. Seruuu banget loh naik ini!! Roller Coaster-nya sungguh sangat friendly buat yang takut ketinggian ahahaha. Awalnya Ujame pikir mengerikan, tapi ternyata nagih juga hahaha

  • Harry Potter and The Forbidden of Journey

AAAAAKKKKKKKK INI NIIIIHHHH YANG PALING-PALING!! Betapa beruntungnya Ujame bisa naik 2x tanpa antrian yang gak terlalu panjang. Sungguh bahagia kalo main ke theme park bukan pas peak season. Gak perlu beli express tapi yang regular aja gak selama antri kaya di theme park Jakarta macam du*fan yang panas dan berjam-jam hihi. Di USJ, karena Ujame dating pas winter rasanya adem, gak bikin gerah hati haha, trus memang pelayanan Jepang gesit-gesit dan ramah-ramah banget, jadi vibes-nya tuh sepanjang hari selalu happy! Jadi menunggu bukanlah hal yang membosankan hahaha

Dreams Come True: Foto depan Hogwarts sambil minum Butterbeer plus in my birthday. That’s perfect day 🙂

Dan aseliiih gaes~~ wahana ini bikin nagih pake banget! Jadi ceritanya gini, di wahana ini kamu bakalan diajak benar-benar merasakan petualangan di dunia sihir!! Mulai dari diajak muter-muter melihat isi Hogwarts dan main ke kantor Prof. Dumbledore, ikut bertanding di permainan quidditch, melawan ular raksasa Basilisk sampe melawan Domentor. Dan semua itu kamu bakalan ngerasain benar-benar REAL gaes! Bukan jadi penonton yang melihat pertunjukan, tapi kamu adalah pemain yang merasakan petualangan!!!

Kok bisaaa?? Yaaaps bisa!! Jadi nanti kamu bakalan duduk dan berpegangan erat di kursi lalu kursi itu bakalan muter 360 derajat dan membawa kamu ke ruangan gelap dan berpetulangan di sana!! Petulangan yang benar-benar ultra realistis tanpa kacamata 3D dan sensorik banget dengan tubuh kita, kita akan merasakan panasnya disembur naga dan dinginnya melawan Domentor. Selama petualangan kamu gak bakalan bisa berhenti teriak-teriak, aaaakkkk aaakkkk akkkkk.

Apalagi pas bagian pertandingan quidditch, itu seru banget sih ngejar bola terbang seuprit trus menghindar dari bangunan-bangunan supaya gak ketabrak wkwk. Berasa naik sapu terbang ahahaha. Dan di ending, setelah kita melewati petualangan itu semua, kita bakalan kembali ke Hogwarts dan disambut dengan teriakan kemenangan dari guru-guru dan teman-teman ihiiiww~~

SAMPE SINI KALIAN BISA BAYANGKAN GAK GAES? XD

Ujame nulis ini aja kebawa serunya, badan berasa goyang goyang mengingat moment itu! Makanya, gak salah Ujame sampe naik 2x wkwk. Jadi buat kamu, WAJIB BANGET naik wahana yang satu ini yaa~~

  • Hogwarts Magical Night Winter Magic

INI JUGA SPESIAL DAN SPEKTAKULER BANGET NIH!! Kalo kamu berkunjung ke USJ pas winter, kamu bakalan berkesempatan melihat pertunjukan Hogwarts Magical Winter Magic. Yaitu, di mana semua pengunjung diajak berkumpul di depan kastil Hogwarts pada malam hari untuk melihat pertunjukan cerita kehidupan dunia sihir yang super ajaib! Kastil Hogwarts yang punya aura misterius seketika berubah menjadi warna warni bermandikan cahaya lampu yang selalu berubah-ubah mengikuti alur cerita, serta semakin meriah karena diiringi intstrumen music yang menjadi OST dalam film Harry Potter! Pertunjukannya berlangsung selama 10-15 menit, dan itu menjadi waktu 10-15 menit TERBAIK-nya Ujame dalam hidup hihihi.

Hogwarts Magical Night Winter Magic, Februari 2020

Nah biar afdhol dan gak kedinginan pas nonton pertunjukan, bisa banget ditemenin sama segelas hot butterbeer gaes~ tapiii, Ujame sih engga, abis buttebeer-nya udah diminum duluan pas siang-siang hahaha. Gak sanggup buat ngilangin penasaran gimana rasa butterbeer hehehe.

OKE , SELESAI DEH XD

Gimana? Seru gak baca Travel Journey-nya Ujame kali ini? Hihi.

Udah makin pengen belum nih buat makin ke Universal Studio Japan? 😛

Nah, kalo kamu udah BM, kabita, implusif, mupeng atau sejenisnya wkwk, ada baiknya kamu tau dulu nih kira-kira persiapan apa aja sih yang perlu dilakukan, biar kamu bisa maksimal dan puas banget main di USJ. Ini Ujame share berdasarkan pengalaman ya gaes~

Pemandangan Desa Hogsmeade

 

Baca Juga: Sederet Alasan Kenapa Jepang Bikin Jatuh Cinta (Based on Our Experience)

 

TIPS SEBELUM MAIN KE UNIVERSAL STUDIO JAPAN

  1. Jangan datang pas musim semi. Karena di Jepang, musim semi adalah waktu golden week yang mana mereka lakukan untuk hanami dan berlibur. Bakalan rame pisan gaes! Dan pastinya harganya jauh lebih mahal. Waktu terbaik ya pas kaya Ujame ini, antara Januari-Februari di saat winter atau puncak musim panas Agustus-Oktober. Tapi kalo kamu terpaksa berlibur pas golden week, peak week atau holiday season, mending kamu juga beli express pass supaya bisa lebih cepat. Dan nambah budget juga pastinya :p 
  2. Beli tiketnya online aja untuk menghindari antrian tiket OTS. Kamu bisa pilih tiket untuk yang satu hari atau dua hari. Dan pas sampe, kamu tinggal redeem trus masuk deh~ kamu bisa beli di Trav**ka, Kl**k ataupun travel agent besar biasanya ada. Banyak deh pokoknya!!
  3. Datanglah satu jam sebelum pintu masuk dibuka. Kamu bisa beli pernak pernik yang lucu dulu, seperti syal, jubah atau bando kaya Ujame, makan di café atau foto-foto di bola dunia ikonik-nya Universal Studio. Terserah kamu~
  4. Pakailah pakaian yang kawai kawai Kalo orang Jepangnya, biasa pakai seragam sekolah gitu atau outfit kembaran sama temen kamu. So lucky, Ujame lagi pake outfit yang kembaran, jadi gak matik gayaaaa hahaha
  5. Pas masuk, ambil map & schedule flyer di dekat pintu masuk. Dan pelajari peta, denah dan waktu-waktu dari setiap pertunjukan Usahakan main ke wahana yang banyak dikunjungin dulu! Karena makin siang makin rame. Mending kamu gunakan di pagi, kalo mau nambah kan bisa balik lagi, yang penting duluan buat mengefektifkan waktu. Baru deh pas siang bisa kamu gunain buat makan, jajan, foto-foto atau lihat-lihat pertunjukan yang gak terlalu ramai.
  6. DILARANG BAWA TONGSIS ATAU TRIPOD! Kalo makanan dan minuman boleh aja. Kalo kamu terpaksa bawa tongsis/tripod, maka kamu harus menitipkan barang bawaan kamu di loker koin yang harganya antara 500-1.000 JPY tergantung besarnya loker. Lumayan kan? Lbuat foto-foto kamu minta tolong fotoin aja sama petugas di sana. Mereka dengan senang hati bakalan mau membantu kamu, malahan nih gaes kadang mereka sendiri yang menawarkan~
  7. Bawa botol air minum, karena di USJ banyak tap water yang bisa digunakan buat isi ulang botol minum. Hidup pengiritan! Eh salah, hidup sehat!
  8. Pertunjukan yang diadakan mayoritas berbahasa Jepang. Ini sangat disayangkan sih karena gak ada translator. Kamu bakalan sedikit ngerasa akward kalo yang lain ketawa kamu engga hahaha. Tapi tetep terhibur banget kok~
  9. JANGAN LUPA MENCICIPI JAJANAN KHAS USJ! Selain Butterbeer, Churros and Jagung Rebus yang Ujame cobain di wahana The Wizarding World of Harry Potter, Ujame juga nyobain si fenomenal paha ayam kalkun! Ini enak banget gaes~ dagingnya empuk dan gak amis. Ada juga jajanan khas lainnya, salah satunya kue minion!
  10. Buat yang muslim gak perlu khawatir buat menjamak sholat tempatnya di mana~ kamu tinggal ke Guest Service dekat pintu masuk dan mereka akan kasih kamu ruangan khusus yang bisa digunakan selama 15 menit. Dan petugas di sana, baik-baik dan ramah-ramah sekali gaesss! Ujame jatuh cinta sama kesopanan dan profesionalitas orang-orang Jepang. Selengkapnya, kamu bisa baca di postingan sebelumnya di sini ya~

SELAMAT MENYUSUL LIBURAN KE UNIVERSAL STUDIO JAPAN YAAAA!! DAN JANGAN LEWATKAN THE WIZARDING WORLD OF HARRY POTTER-NYA~

Mari kita tutup tulisan ini dengan quote dari kepala sekolah xoxo. Bhaay gaes~

Tuh dengerin kata kepala sekolah 🙂

Mungkin kamu juga suka ini

26 Komentar

  1. Wow amazing…baca tulisan Ujame bikin hati girang serasa ikut jalan bareng padahal zonk hahaha….sumpah kalau punya pengalaman seperti ini pasti seru. Jepang sudah masuk wish list ku sejak lama tapi belum kesampaian juga traveling kesana…duh jadi mupeng deh.

  2. Membaca ini serasa ikutan seseruan jalan bareng Ujame di USJ, lengkap dan detail banget. Ikut mengaminkan do’anya Ujame agar yang membaca bisa berkunjung ke sana.

  3. mupeng banget ya Alloh.. haha..
    baca ini aja udah serasa ikutan jalan-jalan, gimana kalo beneran kesana.. seru banget pasti yaa..

    btw, baru tau sekarang ada murid hogwarts yg pakai hijab ya? hehehe *canda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.