Sederet Alasan Kenapa Jepang Bikin Jatuh Cinta! (Based On Our Experience)

‘Jepang’, Si Negara Sakura yang pesonanya luar biasa. Keindahan alamnya cantik tiada tara, kecanggihan teknologinya ternama di dunia, namun dibalik itu semuanya, tradisi budayanya sangat kental dan tetap terjaga. Aaah.. Ujame yakin, Jepang menjadi salah satu whistlist kita semua untuk berkunjung ke sana. Betul apa betul? Hehe

Begitupun kami, masih gak nyangka dan belum bisa move on rasanya awal tahun ini dibuka dengan liburan ke Jepang. Meskipun Jepang memang masuk ke negara impian Ujame, tapi jujur, Ujame gak banyak tau tentang Jepang. Dan ekspektasi Ujame ke Jepang tuh gak yang terlalu “WAAAH” gimana gitu, tapi ternyata pas melihat, merasakan dan berkunjung langsung ke sana, Ujame paham, kenapa sih orang-orang tuh selalu pengen ke Jepang? Kenapa Jepang jadi salah satu negara yang layak direkomendasikan? Bahkan kenapa sih para travel blogger kok bisa-bisanya ke sana itu sampe berulang-ulang? Emangnya gak bosan? Kan mending menjamah negara lain yang belum disambangi biar bertambah koleksi cap passport-nya? Hahaha (itu sih Ujame~)

#AyoKeJepang
#AyoKeJepang

Menjawab pertanyaan itu semua, Ujame sekarang tau jawabannya. Dan sesungguhnya, yang Ujame rasakan pun, UJAME JATUH CINTA SAMA JEPANG. Dan karena Ujame minim informasi tentang Jepang, Ujame semakin dikejutkan gitu sama segala sesuatu yang Ujame lihat, dengar dan rasakan selama di sana.

Untuk itu gaes, kiranya Ujame mau sharing tentang hal-hal unik/menarik beserta informasi yang sekiranya Ujame anggap penting yang Ujame temukan selama di sana. Ujame catat dan kumpulkan buat dijadikan tulisan. Cekidot minna-san~

HAL-HAL UNIK & MENARIK BESERTA INFORMASI PENTING YANG DIALAMI DI JEPANG

 

  • Di Kansai International Airport

Saat kamu berkunjung ke Osaka, pesawat kamu pasti landing salah satunya di Bandara KIX (Kansai International Airport). Dan sebelum check-out pasti kamu diminta untuk mengisi formulir kedatangan yang menyatakan keterangan kamu selama hidup di negara tersebut. Nah di sini, PASTIKAN KAMU MENGISINYA DENGAN BENAR yaa.. jangan sampai salah. Kalo salah, jangan sesekali kamu mengganti kertas dan menulis ulang, cukup dicoret aja lalu ditulis yang benar. Orang Jepang itu paperless, mereka akan sangat marah apabila melihat orang membuang-buang kertas. Makanya, hati-hati, ya supaya kamu gak kena omel! Hehehe

Sebelum check-in wajib isi ini, jangan sampai salah ya!
Sebelum check-in wajib isi ini, jangan sampai salah ya!

Dan kalo kamu tiba di bandara malam, kamu bisa tidur di bandara di manapun. Tapi jangan di musholla ya, karena ada peringatan dilarang tidur di sana! Bahasanya pakai bahasa Melayu loh hehe. Prayer Room terletak di Lt. 3 kamu bisa tanya petugas. Aselih! Mereka ramah-ramah banget. Kamu gak cuma dijelasin posisi prayer room di mana, malah bisa-bisa dianterin juga. SEGITUNYA!

 

Catatan selama explore Jepang….

Sampai di sini, karena banyaaak banget yang mau Ujame sharing, jadinya Ujame kasih point aja ya, terlalu banyak kalo dijabarin semua gaes~ XD

  • JR Pass

Selama di Jepang, pasti kita butuh JR pass. Nah, JR Pass di Jepang itu ada banyak jenisnya, ada yang cover semua area ada juga yang cover per area gaes! Dan udah mencakup bus dan kereta lokal di area tersebut. Pastikan kamu beli yang sesuai kebutuhan dan destinasi yang mau kamu kunjungi itu dicover sama JR Pass yang kamu beli. Kalo di luar itu, ya kamu bayar lagi~ (ini untuk JR pass per area)

JR Pass Takayama-Hokuriku Area
JR Pass Takayama-Hokuriku Area

 

  • Transportasi

Mereka itu tertibnya luar biasa! Kedatangannya tepat waktu, makanya please, kebiasaan +62 yang suka ngaret jangan dibawa ya! wkwk. Dan jangan berani-beraninya kamu nyelak! Harap belajar disiplin antri. Dan kalo kamu naik bus lokal, perhatikan layar monitor. Ada bis yang tarifnya rare ada juga yang engga. Makanya perhatikan ya! Dan pas lagi turun mau bayar, pasti supirnya selalu bilang, “Arigatou!” gak ada satu orangpun yang kelewatan dia ucapin terima kasih, gaes! Capek gak tuh? Segitu sopannya! Dan gak ada diskriminasi mana warga lokal mana wisatawan. Perlakuannya sama.

Takayama Station
Kanazawa Station

 

  • Sekilas Osaka & Kanazawa

Glico Wings, Landmark Kebanggaan Osaka
Glico Wings, Landmark Kebanggaan Osaka

Kalo Seoul di Korea menarik dengan Myeongdong-nya. Kalo Osaka menarik dengan Dotonburi-nya. Area pusat perbelanjaan yang besar, rame dan apa aja ada! Banyak tempat makan, toko-toko fashion, sepatu, tas, kamera, kosmetik, dsb. Dan saat malam, biasanya ada street performance di depan stasiun Namba. Sedangkan di Kanazawa, meskipun masuk area kota besar juga, tapi Ujame banyak menemukan orang-orang Jepang berkendara pakai sepeda dibandingkan mobil. Makanya, banyak parkiran sepeda di sana. Dan untuk parkir, lumayan mahal juga harganya. Begitupun parkiran mobil, lebih mahal tentunya gaes~ Oh ya, Ujame gak menemukan satu sampah pun bercecer di jalan!! Super bersiiiiih! Padahal tempat sampah tuh jarang ada. Dan sekalinya ada, kita gak bisa asal buang gaes~ harus dibuang berdasarkan kategori sampah tersebut.

 

  • Rumah Penduduk

Gang di area tempat makan ya ini, bukan perumahan. Ujame gak ada fotonya, adanya story di @ujamegaja XD

Kalo yang suka nonton kartun-kartun di Jepang, pasti kebayang deh gimana bentuknya rumah-rumah di sana. Rumahnya tertata rapih, minimalis dan enak banget dilihatnya gaes! Gak ada tuh ketemu jalan yang berbatu atau kabel yang awut awutan hehe. Foto OOTD di depan gangnya aja tuh udah kece gitu hahaha. Ujame kalo ke Jepang lagi mau blusukan ah ke gang-gang wkwk. Yang Ujame lihat, biasanya per wilayah/komplek gitu, warna cat temboknya seragam gaes, ada yang senada warna coklat cream, ada yang warna pastel agak ke pink dan ada juga yang warna biru muda. Unyu!

 

  • Naik Escalator

Naik eskalator di Osaka itu berdiam di sebelah kanan ya, yang kiri untuk yang berjalan

Kalo di sini gak jelas bentukannya, ada yang di kanan dan ada yang di kiri. Makanya, kalo lagi buru-buru susah lewatnya haha. Nah kalo di Jepang, naik escalator aja ada etikanya gaes! Kalo di Tokyo, berdiri di escalator itu ada di sisi kiri, sedangkan kalo di Osaka berdiri di escalator itu di sisi kanan. Harus tertib! Boleh lewat di sisi sebelahnya kalo kita lagi buru-buru bukan diam di tempat. Dan etika kanan-kiri ini gak hanya berlaku untuk berdiri di escalator, tapi saat mengemudi juga. Ada sejarahnya loh~ tapi gak Ujame jabarin juga yak xD

 

  • Jalur Subway

Di Jepang itu rumit banget gaes! Dan paper sign-nya juga banyak. Kalo kamu bingung atau tersesat, jangan ragu buat bertanya yaaa! Pasti ada petugas yang berkeliling. Kamu bisa tanya petugas yang mana aja kalo ngerti bahasa Jepang, tapi kalo gak ngerti, coba cari petugas yang pakai name tag “English” (biasanya doi munculnya di stasiun-stasiun besar). Nah bisa tanya doi tuh! Tanya tujuan ya~ bukan tanya No HP! Ehe. Yakin deh, kamu pasti dibantu! Seperti yang Ujame bilang sebelumnya di atas, orang Jepang itu baiknya luar biasa! Mereka bakal jelasin bahkan sampe nganterin. Berasa tuh istilah, ‘tamu adalah raja’ benar adanya! Oh ya, jalur subway sendiri itu ada sampe pelosok desa. Ujame ngalamin pulang malem, kereta terakhir dengan penumpang kurang dari 10 orang tapi keretanya tetep ada dan on time berangkat!

Lagi memahami jalur subway ceritanya…

 

  • Convinience Store

Ujame menemukan 3. Lawson, Family Mart & Seven Eleven (di Indo udah tutup) wkwk. Nah pastikan kamu nyobain Onigiri Tuna Mayo-nya! Aselih enaaaak banget rasanya huhuhu. Zuzur aza gaezzz, Ujame gak terlalu suka Onigiri. Tapi di sana malah bikin nambah berkali kali haha. Jangan ragu juga tanya sama mbak-mbak kasir terkait ingredients. Tenang aja, mereka jujur! Dan Ujame so lucky, bertemu mbak kasir yang muslim juga. Kayaknya sih dia dari Turki gitu deh~ Soal label harga, makanan di store itu ada 2 gaes harganya. Harga sebelum pajak sama harga setelah pajak. Jadi sejelas itu!! Dan pajak di Convinience Store itu untuk makanan biasanya 8%, bukan makanan 10%. Dan di luar Convinience Store, Restoran, Department Store itu biasanya 10%. Namun ada juga yang membebaskan pajak (beda-beda ya zeyeng).

Ada dua harga dalam satu makanan Jepang, jelas banget!

Oh ya, uang di Jepang itu yang kertas cuma ada 10rb, 5rb sama 1rb sisanya koin. Makanya, jangan malu buat ngeluarin koinan ya, mereka malah banyak yang bayar pake koin daripada kertas. Tenang aja, gak bakalan ribet! Mereka bakalan bantu ngitung dengan jujur, cepat dan gak bakal ditilep duit lu pokoknya~ (tapi kebanyakan udah ada mesin otomatis untuk hitung uang koin-nya)

 

  • Soal makanan di Jepang

Gak cuma Onigiri, makanan beratnya juga enak semua!! Ujame gak nemuin tuh yang zonk. Tampilan di gambar menu sama real pict yang disediakan itu gak jauh beda. Gak ada drama eskpekstasi sama realita haha. Dan katanya sih ya gaes, umumnya di resto-resto sana, menu makan siang sama makan malam itu beda. Dan yang malam biasanya lebih mahal. Dan abis makan, jangan harap kamu bisa nongs dulu, foto-foto cantik apalagi numpang wifi, kalo mau begitu ya di café~ kalo di resto tempatnya makan. Pas selesai langsung bayar & keluar. Tipsnya kalo kamu mau hemat, mending makan siang/malamnya salah satu beli di Lawson/Family Mart/Sevel aja. Ada nasi & lauk siap saji yang bisa kamu angetin di microwave.  Rasanya juga enaaak kooks!

itadakimasu!

 

  • Vending Machine

Bukan di Jepang namanya, kalo punya VM yang kece buat OOTD hehehe. Nah gaes, VM di sana tuh mayoritas isinya minuman yang dingin dan hangat. Yang merah tandanya hangat, yang biru tandanya dingin. Ada juga satu VM isinya produk Yakult semua. Bukan Yakult mini yang biasa kita minum, tapi ada lebih 50 olahan produk Yakult. Ujame sempet nyobain yang rasanya kedelai pisang dan nanas. Aselih, enaaaak!! Tapi gak cuma minuman doang gaes, VM ada yang isinya makanan, es krim, rokok, payung, dan lain-lain. Uniiiik!! Dan VM ini tempat kamu ngabisin koin sih, karna gak berasa bakalan pengen jajan terus haha. Makanya sediain dompet kecil biar koin kamu gak berceceran ya~

Kalo ke Jepang, harus banget foto depan vending machine!

 

  • Bicara Penginapan

Banyak model penginapan di Jepang. Ada yang backpacker, tradisional sampe yang mevvah. Tapi yang tipe backpacker aja penginapannya udah nyaman banget gaes! Ujame nginep di daerah Kanazawa dan Namba. Yang di Kanazawa hotel, yang di Namba hostel. Namun keduanya sama-sama shared bathroom. Meskipun begitu, gak perlu khawatir soal kebersihan & kenyamanan. Toileters-nya mereka aja lengkap banget! Bahkan air wastafelnya bisa aman diminum lho, gaes! Selengkapnya kamu bisa baca tulisan sebelumnya di sini ya~

Payung cantik ala drakor pinjam di Hotel, GRATIIISSSS!

Trus bedanya, kalo di Indo kan kunci kamar hotel bebas kita bawa keluar ya, tapi kalo di sana engga! Mau keluar kunci kamar dititipkan ke resepsionis. Tenang aja, mereka 24jam standby kamu mau balik jam berapapun (tapi lebih baik tanya dulu ke resepsionis nya sih kunci hotel bisa kamu bawa apa engga). Dan kalo pas keluar hotel ternyata hujan, jangan ragu pinjam payung ke hotel ya, GRATIS kook! Mana payungnya kece lagi warna putih transparan ala ala Drakor hahaha. Lumayan kan~

Baca Juga: Dreams Come True: Akhirnya Bisa Main Salju di Jepang Bareng Momiji Tour

 

  • Toilet Canggih

Saking nyamannya bisa pewe lama-lama di sana hahaha. Pas Ujame landing di Bandara aja, trus ketemu toilet langsung di foto dan masih ngeraba-raba cara gunainnya hahaha. Toilet di Jepang canggih itu umumnya banyak tombolnya gaes! Ada tombol bidet/front: fungsinya untuk bilas saat buang air kecil, tombol shower/rear: itu untuk membilas saat buang air besar, tombol flushing sound/privacy: itu buat menimbulkan suara gitu gaes!!! Orang Jepang itu terkenal sama malunya. Sampe urusan toilet aja, supaya orang di luar gak dengar suara-suara aneh saat kita di dalam, makanya pencet tombol ini nanti ada suara percikan air gitu buat menyamarkan bunyi wkwk. Selanjutnya ada tombol water pressure: ini fungsinya buat memperbesar atau memperkecil aliran air yang dikeluarin tombol bidet. Terakhir ada tombol flush: fungsinya ya buat membilas kloset. Tombolnya pun macam-macam, ada yang pake tuas, tombol juga atau sensor.

Toilet Jepang yang canggih! kece banget banyak tombolnya wkwk

Tapi gak semua toilet di Jepang canggih ya gaes, ada juga yang masih standart dan tanpa tombol bilas layaknya di negara tetangganya (Korea) atau Singapore. Jadi WAJIB pake tisu basah atau bawa botol air hehe. OH YA DAN YANG HARUS KAMU TAU!! Di Jepang itu, tissue harus dibuang ke dalam kloset, bukan di tempat sampah~ tissue mereka ramah lingkungan gaes, tipis, menyerap air dan bisa didaur ulang. Jadi jangan buang di tempat sampah ya! beda banget sama di sini, yang mana kita gak boleh buang tissue di toilet, di sana  malah sebaliknya.

 

  • Belanja Jastip atau Oleh-Oleh

Kamu bisa ke Daiso salah satunya! tapi jangan kaget kalo dikemasannya banyak yang gak ada harganya. Itu tandanya, harganya 110 yen, seragam semua! Dan kalau kamu belanja di atas 5.500 yen, bebas tax free. Dan buat yang muslim, bisa belanja di daerah Shinsaibashi. Di salah satu gedung (LAOX) malahan menyediakan tempat sholat dan snack-nya berlogo halal.

Berburu oleh-oleh halal di daerah Shinshaibashi gedung LAOX

 

  • Terkesima di Uniqlo!

Siapa sih yang gatau Uniqlo? brand fashion andalan yang produknya kece-kece. Apalagi soal winter outfit & stuff-nya! Duuuhh, Ujame percayakan sepenuhnya ke Uniqlo hahaha. Seperti yang kita tau, Uniqlo ini asalnya dari Jepang gaes, dan so pasti di sana, tokonya tuh tersebar di mana-mana. Udah kaya Alf*mart atau Ind*mart hehe. Sampe di dalam Bandara juga ada~ Nah perbedaan Uniqlo di sini sama Jepang, di sana tuh semua self service. Mulai dari kita ambil barangnya, trus bayar barangnya (nanti di taro di atas mesin, dan mesinnya itu nge-scan barang yang mau kita beli lalu keluar harganya di monitor, abis itu bayar deh ke dalam mesin itu). Dan setelah bayar, kita packing sendiri gaes! Di sana pun gak pake plastik, pakenya kertas.

Everywhere Uniqlo!

Cakep banget kan?? semua udah serba mesin. Petugasnya cuma ngarahin doang~ dan pas Ujame kesana, mana diskonnya lagi gede! Jadi nyesel deh belanja Uniqlo di Indo, nyampe sana belanja lagi. Dan yang dibeli sebelumnya, di sana setengah harga hahaha. Makanya gaes, tips buat kamu kalo ke Jepang pas peralihan musim, mending gak usah bawa outfit banyak-banyak ya.. kaya Ujame lagi peralihan winter ke spring, outfit winter-nya pada diskon semua! Huft sebaaal~ Oya, self service ini gak berlaku di Uniqlo aja ya, tapi di GU juga. Kalo H&M masih dilayanin petugas.

 

  • Kehilangan/Ketinggalan Barang

Gak perlu khawatir kehilangan barang di Jepang gaes~ kalo kamu inget letaknya di mana dan kembali ke area tersebut, pasti tuh barang masih ada. Atau kalo misalnya barang kamu jatuh terus ada orang Jepang yang lihat, pasti dia bakalan manggil dan ngasih tau kamu. Sekalipun kamu udah jauh nih, pasti dikejar! Sebelumnya, Ujame dengerin cerita teman yang balik dari Jepang, dia ketinggalan buku dan udah jauh dari tempat tersebut, eh ada orang Jepang yang nganterin bukunya. Kece yaaa, baik banget!! Begitupun yang Ujame alamin. 

Drama kehilangan/ketinggalan barang di Jepang? PASTI BALIK LAGI!

Pertama, tim Ujame ketinggalan koper, dan pas inget koper itu masih ada. Kedua, tim Ujame ketinggalan HP di depan hotel, lagi dan lagi pas balik ke tempat tersebut dengan jarak waktu sekitar 30menit HP itu masih ada. Yang ketiga, uang Ujame jatuh dengan nominal yang lumayan besar, eh ada mas mas kece penjaga toko yang ngasih tau kalo uang kami jatuh. Kirain mau dirayu buat masuk tokonya, tau-taunya malah baik banget hihi. Dan yang terakhir, syal Ujame jatuh pas nyebrang jalan. Gak engeh gitu ketiup angin macam kaya Song Hye Kyo yang syalnya jatoh trus diambilin sama Song Jong Ki di drama DOTS *plaaak wkwk. Bedanya kalo di drama slow motion, kalo Ujame cepet banget ngasihnya wkwk

 

  • Loker Koin

Satu hal yang menarik nih gaes, di Jepang tuh adanya loker koin. Sebenernya bukan di Jepang aja sih, cuma Ujame baru ketemu di sana. Kalo abis keluar bandara dan masih lama waktu buat check-in hotel, mending kopernya taruh di loker koin aja gaes trus langsung eksplor destinasi deh~ Biasanya ada di stasiun gitu. Harganya variatif mulai 400-1.000 yen. Tergantung besaran loker yang dibutuhin. Bayarnya, bisa pakai cash atau pakai kartu digital macam E-Money gitu! Top up-nya bisa di mesin-mesin yang ada di stasiun ya gaes, tapi refund-nya di Bandara, di tempat yang buat redeem/beli JR Pass. Jadi jangan khawatir saldo kamu hangus~

Bayar loker koin bisa pakai ICOCA

 

  • Universal Studio Japan

Potterheads mana suaranyaaaaa?? Pastinya kalo ke Jepang apalagi ke Osaka, gak mau dong ketinggalan ngunjungin theme park yang satu ini biar bisa ngerasain masuk Hogwarts huhu. Sayang, jauh banget ya mesti ke Jepang dulu. Di tetangga USS gak ada wahana Harry Potter- Nah ada beberapa point di sini yang mau Ujame bahas. Karena Ujame SEBAHAGIA ITU bisa ke sini. PUASSSSS BANGET!! Pertama, kalo kamu ke USJ, beli tiketnya mending online aja yaa! Jadi gak perlu antri, pas di sana tinggal ke jalur khusus dan redeem deh! Kedua, jangan bawa tripod! kalo mau foto tinggal minta sama petugas untuk fotoin, dan mereka bakalan happy ngebantu kamu. Karena itu emang udah bagian dari service mereka. Kalo terlanjur bawa, tripod kamu harus dititipin ke loker koin. 

From head to toe, twinning ^^ (bando, slayer, jaket, heattech, tas, rok, sepatu) ahahaha

Ketiga, nanti di sana kamu akan menemukan pemandangan yang kawaiiii kawaaaiii hahaha. Karena, mayoritas pengunjung pakai seragam sekolah, atau outfit kembaran. Dan so lucky, Ujame kebetulan pake outfit samaan. Padahal gak tau kalo di USJ tuh gitu, eh semesta mendukung,  jadi gak matik gaya deh! Hahaha. Dan gak cuma outfit yang kawaiii, tapi pakai penutup kepala macam bando, topi karakter yang lucu-lucu juga. Kamu bisa beli di store di sana yang tersedia. Ujame beli bando Gryffindor & Hufflepuff. Keempat, jangan lupa deh cobain makanan dan minuman khas USJ macam butterbeer (aseliiih nikmat banget!!), churros, paha ayam kalkun, dsbnya yaa.. Dan terakhir, kalo kamu muslim, gak perlu khawatir tempat sholat, kamu tinggal ke Guest Service dan minta ruangan khusus. Mereka akan dengan senang hati memberikan lhooo~ AAAHH POKOKNYA, CERITA SELENGKAPNYA DI USJ UJAME AKAN BUAT TULISAN SENDIRI, STAY TUNE!   In syaa Allah hehe

 

  • Keramahan Orang-Orang Jepang

Poin terakhir ini bikin merembes mili rasanya, Ujame setakjub itu sama orang-orangnya. Mereka baik-baik bangeeeett Ya Rabb.. memperlakukan wisatawan tuh sebegitu istimewa. Bukannya kaya ya bodo amat gitu, tapi ini sebaliknya! Kalo nanya, selalu dijawab dengan rinci dan sangat membantu, bahkan beberapa kali Ujame disapa duluan, ditanya asalnya darimana. Di USJ Ujame diajak Hi-Five. Sopan santun dan profesionalitas kerjanya tuh luar biasaaa!! Pernah gak sengaja, waktu di store Uniqlo dan Ujame nunggu tim di depan fitting room, Ujame lihat ada customer yang sepatunya berantakan, lalu sama staff-nya dirapihin, dan diposisikan menghadap siap dikenakan. Terharu lho liat pemandangan seindah itu! Gak ketemu tuh mbak-mbak atau mas-mas yang jutek kalo ditanya harga atau maksa buat belanja hahaha. 

Lagi nunggu orang lewat yang mau ditanya ini wkwk

Bahkan nih gaes, pas Ujame mau take off dari Bandara dan otw balik aja, petugas Bandaranya tuh dadah dadah gitu ke pesawat sebelum mau terbang. Ujame baru nemu nih yang kaya gini~ sesederhana itu tapi berasa banget feel-nya sampe ke hati. Oh ya, soal penampilan, buat yang orang dewasa, setiap di kereta, pasti penampilannya seragam layaknya orang kantoran. Pake jas, pake dasi bawa tas jinjing. Trus buat yang masih sekolah, dedek dedek emeshnya sederhana sekali, gak ada yang pake make up. Kalo di Korea kan Ujame nemu para dongsaeng-nya cetar cetar ya, kalo di Jepang pada polos semua. Tapi begitu aja, yaampuuunn cantiiikksssnya natural dari pabriknya emang ya haha

Selesai deh untuk tulisan kali ini…

Poin-poinnya tuh yang Ujame list ada sekitar 60-an gaes, tapi Ujame ringkas dan padatkan jadi segini. Tapi masih panjang ya? wkwkwk gapapa deh.. dan ada beberapa poin juga yang kelewat huhuhu. Gak tau bakal sepanjang apa pegel ugha ngetiknya wkwk~

Sekarang Ujame mengerti, kenapa Jepang seistimewa itu! karena gak cuma negaranya yang indah, maju, teratur dan canggih, tapi keramahan dan service dari penduduknya yang bikin melekat di hati. So touched!!  Dan sederet alasan di atas kiranya mewakilkan, “Kenapa Jepang Bikin Jatuh Cinta!”.

Kalo ditanya, “Pengen gak balik lagi ke Jepang?” maka dengan yaqeeeen Ujame jawab YEEESSS!! Ujame pengen nge-eskplor bagian kota Jepang lainnya. Dan rasanya kurang kalo cuma seminggu, kalo bisa mah next 15 hari, memanfaatkan waktu FULL yang diberikan buat wisatawan e-wavier hehe. Aamiin. Semoga teman-teman yang membaca tulisan ini juga berkesempatan berkunjung ke Jepang ya! Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin…

-WE LEFT OUR HEART IN JAPAN-

Ujame

Mungkin kamu juga suka ini

24 Komentar

  1. Wuahhh…puas bacanya. Fotonya juga sangat mendukung.

    Senang pasti ya bisa ke Jepang. Saya sejak SMA di tahun 1990-an udah pingin ke Jepang tapi belum kesampaian sampai berpuluh tahun kemudian.

    Jika bisa ke Jepang, pinginnya pas musim semi, bisa hanami.

    Pingin juga ketemu sahabat pena saya dulu.Masih ingat ga ya dia? Hahaha…

  2. Suka banget kalau baca artikel Ujame adik kakak yang selalu kompak. Andai aja kakakku begitu ya jadi bisa diajakin ngebolang bersama tapi sayangnya dia gk suka Travelling hahah. Kaku. Ya udah deh baca artikel Ujame aja selalu kompak ya.

  3. Ujamee…
    Happy banget aku baca tulisanmu. Jaman aku ke Jepang tahun 2004, aku tersepona sama kecepatan inetnya.
    **selain yang Ujame sebut di atas.

    Plus,
    Merasa aman walo jalan-jalan sendiri. Mereka memang banyak yang gabisa bahasa Inggris, tapi bisa pakai bahasa Tarzan, hahaha….kreatif kan…

  4. Ujameeee, daku makin kabita ke Jepang ini lhooo
    apalagi baca blogpost ini
    setelah sebelumnya teracuni oleh vlognya Freya dan keluarga pas mereka cuss ke Jepang.
    MUPENG!

  5. Karena postingan kakak sayapun jatuh cinta sama jepang. saya berdoa semoga diberikan rejekki dan setelah pandemi ini kepingin kesana bersama keluarga kak. Semoga pandemi ini cepat berlalu yah kak

  6. Jepang salah satu negara favorit yang pengen saya kunjungi dan kalau bisa tinggal di sana juga hihi *ngarep, emang warganya ramah banget ya terus kotanya nyaman dan bersih, aduh jadi tambah cinta bgt sama jepang 🙂

  7. Saya pun sering mendengar kalau hilang atau tertinggal barang di Jepang, dipastikan akan balik lagi alias tidak ada orang yg berani embat. Orang Jepang memang takut akan ketidakbaikan. Kalau bukan punya sendiri, gak berani ganggu.

  8. Ikut excited banget bacanya. Anakku aku suruh baca nih. Dia juga obessed sama Jepang. Udah ngambil ujian bahasa Jepang, apa tuh lupa namanya yg resmi dari pemerintah. Udah menang lomba presentasi dalam bahasa Jepang juga. Ke Jepangnya aja yg belum. Semoga setelah baca ini dia terus termotivasi. Syukur2 jadi pejuang beasiswa ya. Aamiin.

  9. Japan is super cool! I love this place since the first time I set my feet on it. Although I have my own imprssion of this country particularly when we learned out our past history, but Japan nowadays is really impressive. Aku udah 4 kali mampir ke Tokyo masih belum puas jugaaa hehehehe

  10. Pengen banget nih ke Jepang jalan-jalan bareng keluarga, btw aku penasaran sama toiletnya mbak pasti susah ya buat kita orang Indo hehe. Btw beberapa negara tetangga aja yang didatangi agak sedikit sulit haha.

  11. Aku dapat gambaran tentang Jepang itu malah dari ust. Hanan Attaki, Mbak. Iya, memang merekantertib dan santun banget. Seperti cerita Mbak nyari musala. Kita dianterin. Kalau kita nunggu malah mereka yang minta maaf. Sajadah disiapin, diambilin. Perlu banget kita tiru.

    Tapi, yaitu, mereka kalau ada masalah dikit solusinya bunuh diri. Karena ya nggak punya Allah.

  12. akhirnya baca juga nih pengalaman lengkap ke Jepang, pantesan teman2 seangkatan banyak yang betah berkarir di Jepang karena serapi itu ya disana, cuma aku nih cemen banget ngga berani pergi jauh-jauh hehehe.

  13. Masya Allah
    Lengkap tulisannya mbak, kalau suatu saat ada rezeki ke Jepang, saya pastikan akan ke postingan ini deh. Makasih artikelnya yah.
    Oh yah, lagu Jepang di videonya lucu. Suka – suka — suka

  14. Duh ini salah satu destinasi yang ingin kutuju semoga suatu hari nanti bisa kaya ujame nih main salju di sana hehe…Si sulung pengen S2 di sana semoga kesampaian dan aku bisa ikut main xixixi…

  15. Tuuu kan sampe habis kubaca semua tulisan di Ujame yang selalu kece. Duh deekk… kapan yabisa sampai ke Jepang dan merasakan betapa tertibnya kehidupan di sana. Khas negara udah maju sih ya, jadi kayak ketinggalan sembarang apa aja ya enggak ilang.

  16. Kalau aja postingan ini dibaca sama suami bisa bikin kepengen tingkat angkut bisa segera ke Jepang.
    Karena negara ini jadi Salahsatu destinasi favorit kita. Sama sama suka anime. Dan emang tertarik dari hal2tertentu yg ada di Jepang.

    Bismillaahirrohmaanirrohim semoga ada rejeki bisa sampai ke negara sakura ini. Aminn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.