Dreams Come True: Akhirnya Bisa Main Salju di Jepang Bareng Momiji Tour

Jepang, Feb 2020 – Semua hal yang diceritakan di tulisan ini terjadi atas kehendak-Nya, dan ditambah doa dari orang-orang yang mencintai Ujame. Maka akhirnya, salah satu impian Ujame terwujud dan menjadi kado terindah di bulan kedua tahun 2020. Alhamdulillah bi nimatihi tatimmush shalihat.

Pengen banget lihat salju…

Rasanya kaya baru kemarin, lihat daun-daun berubah warna jadi kuning, oranye dan merah di Korea. Cantiknya tuh, supeerrrr tiada tara! Norak gak? JELASSSS!! Ujame langsung jepret sana sini buat mengabadikan moment. Ya maklum, di Indonesia kan gak ada yang begitu ya gaes~ jadi pas ngerasain musim gugur campur aduk perasaan ini. Bersyukur, terharu dan bahagia. Terima kasih Tuhan, telah menciptakan indahnya musim gugur. Padahal, moment itu udah 2 tahun yang lalu, tapi masih terasa hangat diingatan. Maa Syaa Allah…

Akhirnya bisa pegang salju

Dan sepulang dari Korea, Ujame saling berkhayal gitu, terus jadilah percakapan absurd macam ini~

N:  “Semoga suatu saat kita bisa ngerasain spring atau winter yaaa, pasti gak kalah deh noraknya”
P: “AAMIIIIIINNN… IYA YA, KE TURKI YAAA ATAU KE JEPANG TAHUN DEPAN”
N: “AAMIIIIIN… Nanti kalo bisa main salju kita bikin video ala-ala yuk kaya Elsa di Frozen yang let it go let it go gituuuu yak”
P: “Ayooo bener yaaaa!!”
N: “Iyaaaak”

Ujame percaya, setiap omongan adalah doa. Makanya, kita disuruh berucap yang baik-baik. Karena siapa yang sangka, ada malaikat yang meng-aamiin-kan. Bener gak gaes? :)) sampai akhirnya, impian tersebut terwujud di tahun ini. Emang sih gak tepat waktu, tapi yang jelas di waktu yang tepat :”)

Jodoh Ketemu Momiji Tour

Kata orang, jodoh itu emang gak kemana, dan datengnya suka tiba-tiba. DAN TERNYATA BENER!! Surprisingly banget! Orang gak saling kenal sama sekali, eh tiba-tiba KOK BISA??? UDAH KAYA DI DRAMA-DRAMA. Ternyata bener, skenario Tuhan itu emang indah.

Jadi gini gaes, yang namanya impian butuh dikejar, butuh diusahakan. Begitupun impian Ujame, pengeeeeen banget bisa main salju. Dan impian Ujame itu maunya ke Turki atau Jepang. Nah, kebetulan di pertengahan tahun 2019 lalu, banyak banget lomba dan kuis di sosmed yang hadiahnya liburan ke Jepang. Untuk kuis atau giveaway, emang gak lucky ya, karena banyak peminatnya, makanya Ujame gagal terus wkwkwk. Tapi untuk lomba, Ujame ikutin tuh 2 lomba. Yang pertama, lomba bikin story dan Ujame gagal alias kalah hehe. Yang kedua, lomba blog dari salah satu agent travel tour yang hadiah utamanya tiket PP ke Jepang. Udah serius tuh buatnya, eh ternyata… BODONG!! Sakit yaaa sakittt, udah berharap banget. kesel? Pasti!! Tapi mau gimana, ini jadi pelajaran buat Ujame buat lebih hati-hati dalam mengikuti kompetisi dan mungkin emang belum rezeki.

Momiji x Ujame
Momiji x Ujame

Sampai akhirnya…

Ada yang tiba-tiba menghubungi Ujame, dan ngajak Ujame ke Jepang buat main salju! CRYYYYY! Ini bener gak siiih? Mereka siapa sih? Kenapa tiba-tiba? Ah ini hoax kali ya? apa prank? Kan lagi jaman tuh huhu. Dan setelah Ujame ketemu sama orang dibalik layar Momiji Tour, baru deh Ujame percaya, ternyata Tuhan sedang menjawab doa-doa Ujame. Setelah perjalanan ikhtiar ikut ini ikut itu, kecewa ini kecewa itu, sabarrrrr sampai pasrah dan gak menyerah sama keadaan. Maa Syaa Allah… 

Balada Drama Prepare ke Jepang

Setelah meng-iya-kan Momiji buat ikut dan segala persiapan udah siaaaapp banget (beli outfit & stuff musim dingin), ternyata balada drama pun datang menghadang, menerjang dan membuat huru hara huahahahahikss. Agak bikin baper dan hampir gagal berangkat. Tapi lagi-lagi, Tuhan masih meridhai Ujame dan Momiji Tour buat ke Jepang.

Adapun dramanya, pertama; Jepang tahun ini tuh masuk ke warm winter di mana sangat kecil kemungkinan untuk turun salju. So, jadinya tuh cuma dingin dengan angin yang kering aja. Dan bener aja, sejauh pantauan Ujame setiap harinya di IG liatin story orang lewat tag location, bener-bener gak ada putih-putih salju sama sekali dong, so saaaaadd! Pupuslah harapan main salju. Ujame cuma bisa pasrah dan berdoa dikasih kesempatan sama Tuhan buat tetap lihat salju, tapi sekalipun gak dikasih ya gapapa, nikmatin aja!

Pamer tiket pesawat dulu aah…

Dan selanjutnya drama kedua; suatu hal yang mengacaubalaukan dunia gaes~ dan we all know, manusia di belahan manapun ketar-ketiiiirrr menghadapinya. Yaitu, COVID-19 alias CORONA. Semua dari kita pasti kaget dengan munculnya virus dari Wuhan dengan angka korban dan kematian yang tinggi di China, dan alhasil menyebar ke dunia. Bahkan sekarang, Indonesia udah ada +/- 200 kasus positif orang yang terdeteksi (Kalau waktu itu, kasusnya Corona belum masuk Indo). Kita doakan, semoga mereka segera sembuh dan gak ada korban selanjutnya, Aamiin. Dan hal ini, yang bikin Ujame hampiiiirrrr aja mengurunkan niat buat pergi.

TERUSSS GIMANAA??

Alhamdulillah, lagi dan lagi, berbekal informasi dari berbagai Travel Blogger mastaah yang baru balik dari sana, ternyata kondisi di sana gak sebegitu menyeramkan seperti yang terpampang di media (saat itu). Cuma orang-orang di sana banyak yang pake masker di tempat keramaian (gatau sih, ini karena Corona atau karena winter hehe). Dan gak ada juga informasi dari KBRI Jepang atau maskapai penerbangan Singapore Airlines (pesawat Ujame) buat membatalkan/menunda penerbangan (saat itu), makanya bismillah tetap cusss ke Jepang dengan catatan, sebelum berangkat jaga imunitas tubuh dan pas di Jepang selalu jaga kebersihan diri. Alhamdulillah, Ujame sehat wal ‘afiat, keluarga di rumah yang berinteraksi dengan Ujame pun sama. Mulai dari berangkat sampai tiba di tanah air tercinta dan hingga sekarang~

 

Finally, Japan We are Coming!!

Tiba di Jepang, Ujame langsung ditakjubkan sama banyak hal. Karena jujur, ekspetasi Ujame ke Jepang tuh B aja gitu gak yang semangat banget. Beda kaya Ujame ke Korea yang sebegitu excited-nya. Mungkin karena Ujame gak tau apa-apa tentang Jepang kali ya hehe

Intinya gaes, dari mulai touchdown Jepang aja, udah banyak hal yang bikin bahagia. Mulai dari keramahan warganya, kebersihan kotanya dan kelengkapan sarana dan prasarana yang memadai, dan canggih lagi.

Dan bicara soal keramahan, mereka juara!! tim kami pernah ketinggalan HP depan penginapan dan koper di Bandara, pas ingat lupa bawa terus balik ke lokasi, tuh HP or koper gede masih di tempat yang sama, gak bergeser sedikitpun padahal banyak orang yang lalu lalang. Atau, Ujame pernah gak sadar duitnya jatuh berhamburan di Dotonburi dan syal-nya terbang waktu di depan penginapan, eh ada mas-mas kece yang ngasih tau dan ngambilin. Lah kalo di kita? Mungkin udah ditilep kali yak hahaha. Aaah.. pokoknya mereka se-care ituuu! Bukan tim bodo amat. Belum lagi kalo nanya jalan, yaampuun mereka gak jawab seadanya lho gaes, tapi bener-bener ngejelasin sedetail mungkin meskipun pake bahasa Jepang yang Ujame sendiri gak paham hahaha. Betapa attitude dan profesionalitas kerja mereka SANGAAAATTT WARBIYAZAAA!!

Touchdown Jepang sesungguhnya (keluar Bandara)
Touchdown Jepang sesungguhnya (keluar Bandara)

In syaa Allah, Ujame akan buat tulisan khusus FUN FACT ABOUT JAPAN yang Ujame rasakan/temukan ya, jadi based on our experience. Nanti tapi, gak tau kapan kalo hawa mager, ngantuk and rebahan lagi gak menghantam jiwa-jiwa kami yang lemah ini hahaha.

 

Ngobrolin Penginapan~

Lanjooott.. So, di sini Ujame mau cerita tentang pengalaman spetakuler menginap bareng Momiji Tour nih~ Ujame menginap di daerah Kanazawa. Dan hotelnya aseliiihhh, super duper nyaman bangeeettt! Bikin Ujame sedih ninggalinnya ahahaha.

Model hotelnya adalah kapsul, jadi tidurnya seperti ada di dalam rak/lemari yang besar gaes. Unik sih ini! Model kamarnya ada 3: standart, business dan premium. Dan pasti kamu udah tau deh, Ujame yang mana? Yaaaa standart-laaah!! Ahahaha. Tapi jangan sedih, yang standart aja bikin segitunya Ujame sedih buat ninggalin ini hotel.

Lokasinya pun strategis, dekat banget sama Kuil Oyama, Pasar Omicho, Kanazawa Castle dan lainnya. Dan fasilitasnya juga komplit, Juaraaa! diantaranya nih ya;

Dalam Kamar (tipe standart): Tempat tidur kapsul dilengkapi AC, lantai karpet, lampu, outlet, stop kontak, TV datar, meja kecil, baju tidur, handuk, perlengkapan mandi, wifi, sendal kamar, layanan dibangunkan tidur, brankas dan pendeteksi asap.

Di Luar Kamar: Wifi di luar kamar, mesin penjual minuman otomatis, pemandian air panas, sauna, area merokok, laundry, layanan kebersihan harian, mesin cuci koin, penitipan barang, perapian, properti bebas asap rokok, ruang makan dengan interior design yang menawan lengkap dengan banyak dispenser dan microwafe, perlengkapan mandi di kamar mandi bersama yang superrrrr lengkap! Ada sauna, pancuran air dingin & panas, toilet air panas Jepang yang canggih! terus fasilitas kecilnya: kaca besar + wastafel, sandal toilet, hand sainitizer, sabun mandi, cuci muka, lotion, sampo, conditioner, sikat gigi, pasta gigi, pengering rambut, pengeriting rambut, sisir, jepitan rambut, kapas, cutton bud, tissue toilet sampai uniknya disediakan dispenser dan cup buat minum.

Jadi, lama-lama di kamar mandi tuh betaaah gaes! Wkwk. Dan kamu tau gaes?? Air wastafel Jepang aman di minum! Makanya ada noted di wastafelnya, “the tap water is good to drink”. Tapi kalo mau hangat, ya ambil di dispenser hihi.

Dan kalau mau lebih jelasnya,

Bisa cek video di bawah ini ya.. Cuma di sini, saunanya gak Ujame perlihatkan, karna gak ikutan masuk wkwk. Kudu telanjang, malu iiihhh hahaha

Gimana? Asiiikk kan?? Apalagi dengan staff hotel yang ramahnya luar biasaaa jadi pelayanan mereka TOP BANGETLAH!

Oh ya, kalau kamu lihat instagram Ujame foto pakai payung putih transparan yang kece ala-ala drakor, itu dipinjemin sama staff hotelnya, dan GRATIS! Luvvv banget ya hihi

Berburu Winter Wonderland!! Let it go.. let it go~~~

Akhirnya yang ditunggu-tunggu pun tiba! Salah satu bucket list Ujame buat main salju pun Tuhan wujudkan dengan cara-Nya yang romantis. Bersama Momiji Tour, Ujame berburu salju di tiga tempat yang masing-masing punya keistimewaan & keindahan tersendiri. Dan kamu, WAJIB BANGEEET dateng kesini kalau mau berburu salju juga ya!

Tapi sebelum itu, simak dulu videonya gaes! jangan lupa lyke, komen and subscribe wkwkwk

  1. Makino Picland – Salju di Ladang Perkebunan

Spot pertama yang Ujame datangi tuh namanya Makino Picland yang terletak di prefektur Shiga. Keistimewaan dari Makino Picland sendiri salah satunya fruit and vagetables picking, yang mana kita melihat betapa suburnya tanah Jepang dan bisa mencoba memanen buah dan sayur kebanggaan masyarakat Shiga ini, diantaranya; cherry, anggur, blueberry dan kari (japanese chestnut) yang sangat berkualitas! Dan buat mencoba experience tersebut, pengunjung dikenakan biaya 1.000 yen. Bisa panen dan makan sepuasnya dalam waktu 30 menit.

Enjoy the moment
Enjoy the moment

Truuuss? Ujame ikutan? Jawabannya, YA ENGGAKLAAAH! Lah orang pas winter ya gak ada tanamannya, semua ladang serba putih. Dan tempat inilah yang bikin Ujame norak pertama kali lihat salju. Langsung disentuh tuh, gimana sih tekstur salju itu~ ternyata ya kaya es serut hehe.

So, udah gitu doang? Cuma nyentuh salju doang? Ettt sabarrrr!! Wkwk. Seperti yang Ujame bilang, masing-masing tempat punya keistimewaan sendiri. Dan di sini, gak cuma ada ladang perkebunan, tapi juga ada deretan pohon di sepanjang jalan yang masuk ke 100 terbaik jalanan dengan pepohonan di Jepang!

Ala-ala cover album yakan... hahaha
Ala-ala cover album yakan… hahaha

Kalau kamu tau Nami Island dengan ciri khas pohonnya yang menjulang tinggi dan sangat indah di setiap musimnya, nah ini juga percis kaya gitu gaes~ Cuma bedanya, kalo Nami kan di pulau, sedangkan ini di jalan.

Yang bikin takjub, di sepanjang jalan instagramable ini ada 500 pohon metasequoia di dua lajur sisi kanan dan kiri yang membentang lurus sepanjang 2,5km yang simetris banget! gak mencong-mencong dan super terawat. Jadi efeknya tuh kaya jalan di terowongan yang belum keliatan ujungnya gitu gaes! Apalagi kalo kesininya pas autumn, kebayang gak sih betapa bagusnya itu 500 pohon berubah jadi merah yang mana cabang ranting kanan dan kiri bertemu, terus jadi terowongan redwood yang merah alami? Maa syaa Allah, Tabarakallah.. cakep banget pasti! Wong ini aja yang botak cakep, apalagi yang bewarna~

Makino Picland, Japan - Feb 2020
Makino Picland, Japan – Feb 2020

 

  1. Shinhotaka Ropeway – Gondola Double Decker Menuju Hamparan Pegunungan Salju

Kalo sebelumnya dapat salju tipis-tipis di perkebunan aja bahagianya tiada tara, apalagi di sini, dikasih kesempatan main salju di gunung yang mana saljunya FULL gak setengah-setengah!! Maa Syaa Allah~~

Pegunungan Alpen Jepang yang FULL tertutup salju
Pegunungan Alpen Jepang yang FULL tertutup salju

Tapi sebelum sampai ke gunung, ini nih yang menarik gaes! Ujame mesti naik gondola double decker yang mana di Jepang tuh cuma ada satu-satunya di sini. Dan perjalanan menuju gondola tuh benar-benar pemandangan yang spektakuler bangeeett! Ujame diajak naik ke atas ketinggian 2.156mdpl dari permukaan laut dan sensasinya itu luar biasa seru! Dan bikin hati rasanya gak berhenti mengucap syukur atas keindahan alam-Nya.

Double decker gondola di Shinhotaka Ropeway, Japan
Double decker gondola di Shinhotaka Ropeway, Japan

Dan karena jarak tempuh ke atas panjang, makanya harus 2x naik gondola, jadi ada transitnya dulu gaes~ Dan pas sampai di atas, langsung tiba di observatorium dan disambut dengan boneka salju plus papan yang menginformasikan saat itu suhu -4 derajat. Brrrrr… dan ada juru foto juga yang siap fotoin Ujame dengan background pegunungan Alpen yang cantiiik! Orangnya bisa bahasa Indonesia lho. “Ayo foto, GRATISSS!” ya iya gratis fotonya, hasil fotonya ternyata bayar kalo mau diambil, sa aeee bang~ wkwk. Oh ya, sebagai catatan dek observasi ini mendapat bintang 2 Michelin Green Guide Japan lho~

Snow, akhirnya bisa memegangmu....
Snow, akhirnya bisa memegangmu….

Kalo kesini pas winter, di puncak gunung Sengokuenchi akan ada koridor salju raksasa yang tingginya 3m, aaaah.. bener-bener bikin pemandangan yang cantik dan misterius! Jadi kalau kamu mau kesini, emang best timing pas winter yaaa!

#AyoKeJepang
#AyoKeJepang

 

  1. Shirakawago – Jelajah Rumah Tradisional Jepang di Bawah Hujan Salju

And the last huntIng, CRRRYYYY!! Seperti yang Ujame notice di atas, Ujame khawatir banget gak dapat salju karena Jepang tahun ini masuk warm winter tapi Ujame serahkan sama Tuhan bagaimana yang baik menurut-Nya. Dan ternyata, gak cuma dapat salju, tapi benarrrr-benarrrr merasakan bagaimana rasanya salju turun dari langit langsung dengan lebat! Maa Syaa Allah, superrrr superrrr indaaah bangeeeet. Sampe sekarang aja, Ujame masih percaya gak percaya dan susah move on. Alhamdulillah ala kulli hal.

Traditional House, Shirakawago in winter
Traditional House, Shirakawago in winter

Dan terlebih, moment turunnya salju tuh di destinasi ini, destinasi yang touristy dan incaran wisatawan karena daerahnya yang khas Jepang banget. Rumahnya unik karena beratap jerami dan dikelilingi alam yang subur. Rasanya tuh ya masuk desa ini damaaiiiii banget~ makanya gak salah sih, ini masuk ke Situs Warisan Dunia UNESCO yang layak dikunjungi.

Feel Blessed...
Feel Blessed…
Di Shirakawago sendiri, banyak banget spot yang bisa di explore gaes!

Ada Ogimachi Village, Shiroyama Observation Deck, Deai-bashi Bridge, Shirakawa Hachiman Shinto Shrine dan kanda House. Dan menurut Ujame, yang paling menarik itu Shiroyama Observation Deck! Di mana kamu bakalan lihat desa Shirakawago dari atas yang serba putih tertutup salju. Perpaduan jerami sama putihnya salju itu lho gaes, cantiiiikkk bangeeettt!! Apalagi kalo malam, ditambah dengan cahaya-cahaya lampu yang makin berasa romantis feel-nya tuh kaya di negeri dongeng yang princess princess gitu hahaha

Winter Wonderland, Japan
Winter Wonderland, Japan

Kalo mau menginap di rumahnya juga bisa lho gaes yaitu di desa Ogimachi tadi. Kebayang deh serunya tidur beralas tikar tatami dengan meja rendah. Otentiiik banget kan berasa orang lokal wkwk. Cuma Ujame mah gak menginap di sini ya, cukup menikmati desa ini di bawah rintik salju aja udah SEMPURNA~

UNESCO World Heritege, Shirakawago Village
UNESCO World Heritege, Shirakawago Village

Gimana? Seru gak gaes perjalanan main salju Ujame di Jepang? :)) semoga bisa jadi informasi yang bermanfaat ya buat kamu. Dan selain ketiga tempat itu, Ujame juga ke tempat lainnya seperti Osaka Castle, Dotomburi Glico Sign dan UNIVERSAL STUDIO JAPAN!! Yang pastinya seruuuuu bangeeettt! Dan ini, akan Ujame ceritakan di tulisan yang berbeda yaa~~ dan lagi-lagi, doakan agar Ujame dijauhkan dari rasa malassss yang mendarah daging ini ahahaha.

Baca Juga: Mondar Mandir dan Membeku di Namsan Seoul Tower

 

Rasanya Jalan Bareng Sama Momiji Tour

5 hari 4 malam bersama tim Momiji itu rasanyaaaaaa sediiih, kenapa sedih? Karena kurang lamaaa hahaha. Abis perjalannya seru banget gaes, jadi maunya nambah terus, bikin kangen dan susah move on! Momiji benar-benar mengatur sedemikian apiknya waktu, dan memilih destinasi yang PASSS BANGET! bahkan di luar ekspektasi Ujame. Makanya gaes, kalo kamu mau ke Jepang, bisa by Momiji Tour yaaa! Bisa request kamu mau ke destinasi mana, atau mau spot yang seperti apa, atau bisa juga diatur sama Momiji. Suka-suka kamu aja gimana enaknya~ wkwkwk

Soalnya, enaknya trip sama Momiji tuh ya gini gaes~

  • Backpacker type

Buat anak milenial yang punya impian ke Jepang tapi dengan budget terbatas, tenaaaaanggg gaes! Momiji gak bakalan bikin kantong jebol, karna mereka kasih harga yang wajar. Bahkan bisa disesuaikan sama budget kita. Udah gitu, mereka tipenya kan bukan travel agent yang udah big gitu ya, tapi lebih ke personal. Jadi experience-nya tuh lebih berasa, komunikasinya enak, dan jatuhnya tuh kaya jalan bareng gitu. Kamu paham kan maksudnya? Hihi

On Train, abis nemenin mbak Wik borong belanja hahaha
On Train, abis nemenin mbak Wik borong belanja hahaha

Terus gak bisa dong untuk family group? Oh tentu bisaaaa… Momiji bisa sesuaikan segalanya sesuai mau kamu. Mau pakai public transport atau private transport juga bisa!

  • Guide yang bisa berbahasa Jepang

Definisi jalan santuy tapi bebas nyasar ya gini gaes, punya guide yang bisa bahasa Jepang. Jadi secara gak langsung kita ikut belajar hehe. Atau kalo mau jajan? Ya gak usah bingung lihat tulisan kanji, tanya aja sama guide-nya buat mengartikan, beres deh!

Tersesat di Jepang? No worries.. guidenya bisa bahasa Jepang
Tersesat di Jepang? No worries.. guidenya bisa bahasa Jepang
  • Muslim Friendly

Nah ini, yang namanya pergi ke negara non muslim pasti ada rasa kekhawatiran soal kehalalan yakan, apalagi makanan. Tapi tenaaaang, Jepang sendiri adalah negara yang udah aware banget nih sama wisatawan muslim. Makanya, udah banyak banget restoran halal di mana-mana, dan di public place pun juga banyak yang menyediakan tempat shalat. Soal makanan? jalan bareng Momiji udah pasti terjamin halalnya karena mereka yang memilihkan. Dan untuk shalat, sebisa mungkin Momiji bakalan ajak kamu ke tempat shalat. So, no worries gaes! Kewajiban harus tetap jalan dong, namanya juga WAJIB yekaaan~

Halal Food is a must for moeslem :)
Halal Food is a must for moeslem 🙂
  • Antimainstream Destinasi

Ini juga jadi salah satu keunggulan Momiji, gaes! Momiji tuh pinter banget milih destinasi yang belum terlalu terkenal buat wisatawan asing. Jadi, kamu bakalan diajak ke tempat-tempat tersebut. Ya bahasannya, hidden gem! Kan enak ya, kalo tempatnya sepi dan gak banyak pengunjung, jadi berasa warga lokal gitu~ tapiiii.. sekalipun kamu mau ke tempat-tempat yang touristy ya juga bisa. Karena lagi-lagi, semua by request. Yang penting kamu senangggg deh! Hihi

Lyke a local, gak ada wisatawan asing!
Lyke a local, gak ada wisatawan asing!

 

Okeee, selesai sudah cerita main salju Ujame di Jepang bareng Momiji. Semoga kamu merasakan keseruan dalam cerita Ujame yaaa.. hehe. Dan Ujame mendoakan, untuk kamu yang membaca tulisan ini  semoga Tuhan berikan kesempatan untuk berkunjung ke Jepang. Aamiin, In syaa Allah.. Karena,

Ishi aru tokoru ni michi wa aru”.

(Di mana ada kemauan, di situ ada jalan)

Baca Postingan Berikutnya: Sederet Alasan Kenapa Jepang Bikin Jatuh Cinta (Based On Our Experience)

And finally,

SAAAAYYOOOONAAARAAA! ARIGATAOU GOZAIMASU ^^

See you on the next trip, Momiji...
See you on the next trip, Momiji…

 

Mungkin kamu juga suka ini

29 Komentar

  1. Ulalaaaaa, indahnyaaaaa
    Aku blum pernah ke Jepang, nih.
    Semoga badai corona segera berlalu,
    dan semoga ada rezeki buat para pembaca blog ini untuk cuss traveling ke Jepang
    aaamiiiin aamiiin

  2. Wow aku antusias banget baca dari awal sampai akhir. Memang ya, jika Allah berkehendak apapun bisa terjadi meski sepertinya semua usaha telah gagal. Jepang ketika bersalju bagus banget ya. Aku belum pernah ke Jepang. Semoga kelak diberi rejeki sama Allah.sampai Jepang. Aamiin.

  3. Ujameeeee, masyaallah ngiler to the max baca cerita perjalanan ke Jepang. Pengen juga atuh ke sana. Udah bayangin di Macino Picland gimana kerennya pas lagi autumn, aku pecinta autumn garis keras. Hahahaha. Pengen nangis baca postingannya. Momiji tour aku tandain pokoknya mah. Hehehe

  4. Ujame aku salfok sama lombanya yang bodong astagah kok yang mana sih? itu bodong berarti hadiahnya ga ada? duh yah masih aja ada yang begini..Tapi Alloh maha baik, Alloh ganti yah dengan hadirnya Momiji Tour bukan kebetulan tapi sudah skenarioNya..

    Alhamdulilah turut happy baca ini, aku hanya bisa berdoa semoga bisa menyusul ke sana hahahah aamiin kapan atuh kita jalan bareng ecieeee

  5. Emang kalau udah rezeki Ujame itu memang ga bakal ke mana ya.
    Jika bulan Februari memang sudah seharusnya berada di Jepang melihat salju, ada aja jalannya untuk membawa ke sana.
    Yang bodong biarlah dia tertinggal, Momiji tour banyak yg mau gandeng.

  6. Masha Allah indahnya ya saljunya, salju beneran pulak, kan jadi mupeng juga pengen rasain injak salju beneran itu kayak gimana.
    Alhamdulillah memang ya, kalau rezeki mah nggak akan ke mana, senangnya bisa jalan-jalan ke Jepang 🙂

  7. Ujameee….foto fotonya bikin mupeng aja nih. Aku dan anak anak juga pengen banget bisa ke Jepang. Doakan kami menyusul ya. Rejeki mah gak akan kemana yaaa. Ikut bahagia bisa lihat Jepang lewat blog Ujame

  8. Subhanallah Ujame ceritanya bikin takjub. Aku sampe terpana sama foto2 nya yang keren banget. Pastinya bisa ke Jepang memberikan kesan dan pengalaman yang luar biasa ya. Emang cerita tentang Corona di Jepang tak seheboh berita di negara lain. Tapi mereka tetap aware dan selalu menjalankan gaya hidup sehat. Aku juga dapat cerita dari temanku yang sekarang tinggal di Jepang. Semoga wabah Corona ini segera berakhir ya….

  9. Alhamdulillah walaupun ada sedikit drama tapi lancar ya perjalanan ke Jepangnya dan bisa main salju juga. Duh aku penasaran sama foto hotel kapsulnay di sana nih. Pingin ke Jepang juga semoga ada kesemoatan setelah virus ini hilang

  10. Fotonya bagus-bagus nih Ujame. Semoga tahun depan bisa ke Jepang. Tahun ini rencananya kami mau ke ln bln April besok tapi karena wabah Corona akhirnya dipending. Semoga wabah Corona segera berkahir ya.

  11. Alhamdulillah kesampaian sampai Jepang ya. Gak jualan es serut saja sekalian di sana? Hehehe…

    Btw saya penasaran yg lomba tahun kemarin hadiah ke Jepang bodong itu yg mana ya?

  12. Wuih seru banget. Akhirnya ya bisa ke Jepang. Ikut seneeeeeng. Semoga bias juga aku nanti ke Jepang. Tapi sekarang, harapannya semoga Covid 19 bias segera berlalu di semua negara. Biar bias banyak yang jalan-jalan lagi.

  13. Seru banget alhamdulillah bisa ke Jepang ya mbak apalagi bersama teman2 gtu.
    Jepang adalah slah satu wishlist saya, moga nanti bisa ke sana dengan durasi waktu agak panjang. Karena Jepang itu indah di setiap musimnya apalagi saat musim semi and winter 😀

  14. yaampuun kalo lihat payung transparan ituh aku langsung keinget pas ke hiroshima tahun 2013 haha emang populer deh payung itu banyak tersedia di hotel2. btw mbak, kameranya apa ya? bagus bangeet euy hasilnya

  15. Duh mbak aku kok pengen banget ya lihat foto ini jadi pengen banget jalan bareng keluarga ke Jepang apalagi air wastafelnya bisa di minum berarti higienis banget. Aku suka deh foto yang main salju itu mbak.

  16. kebayaaang nih seneng dan excitednya melihat salju unuk yang pertama kaliya mba. Aku pertama kali liat di AUstralia tahun 2004 or 2003 kalau ngga salah. Heboh juga lah yaa seperti biasa hehehe

  17. Masya Allah…. senangnya lihat postingan ini di antara jutaan berita corona yang bikin pilu. Keren nih Ujame udah sampai kemana-mana. Nyeritainnya pun oke banget nih di blog, jadi ngebayangin nyampe Shirakawago juga. Indah sekali ya desanya, layak banget masuk UNESCO heritage.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.