7 Spot Favorit Saat Jelajah Hainan Versi Ujame

Xuanyiiiing… Ni Hao gaes? Ciee.. Ujame sapaannya pake bahasa Mandarin, udah ketebak deh tulisannya mau sharing perjalanan di mana (yaiyalah, kan udah ada di judul) wkwkwk. Ujame jelas mau sharing cerita tentang jelajah Hainan.

Rasanya, udah lama banget Ujame gak nulis dan berbagi cerita perjalanan lagi.

Netizen“Kenapa? Karna gak jalan-jalan lagi ya?”

Ujame: “Hahaha netizen tau ajaaaa.. yang terakhir itu ke Korea dan abis itu tulisan lomba semua”

Alhamdulillahirabbil’alamin, dari lomba tersebut berbuah manis. Ujame dihadiahkan sama Allah lewat HIS Travel untuk melakukan perjalanan berikutnya ke HAINAAAAANN!!

Aaaaak… masih serasa mimpi!!! karena Hainan ini masuk ke dalam Travel Bucket List Ujame di 2019, makanya ini dreams come true banget. Akhirnya Ujame bisa menginjakan kaki di salah satu kota paling ujung selatan negara China yang ternyata unik dan menarik.

Seunik apaaaaa? Semenarik apaaaa??

Hehehehe, yang udah baca postingan Ujame tentang Hainan sebelumnya di sini pasti udah tau deh gambarannya, kalo Hainan itu bagaimana dan seperti apa. Bedanya, kalo yang kemarin cuma foto-foto dari mbah google dan Ujame cuma berimajinasi saat menulis. Kalo sekarang bedaaaa, karena Ujame udah mengalaminya sendiri hehehe. Alhamdulillah ala kulli hal.

Di sini, Ujame mau sharing tentang pengalaman dan hal menarik atau unik yang Ujame temukan di:

“7 SPOT FAVORIT SAAT JELAJAH HAINAN VERSI UJAME”

  1. Qilou Old Street

Spot pertama yang Ujame kunjungi saat touch down di Hainan tuh ini, Qilou Old Street yang berlokasi di jalan Zhongshan. Semacam area pertokoan dengan nuansa perpaduan asia dan eropa kuno yang jadul banget. Bahkan, Ujame lihat ada beberapa bangunan yang udah reyot yang justru jadi daya tarik sendiri.

Di tengah-tengah antara pertokoan yang berhadapan, terdapat jalan yang berkelok. Dan jalan inilah yang jadi spot foto wisatawan, termasuk Ujame juga foto di sini nih.. hehehe

Gimana? Lucu kan? Buat yang suka nuansa-nuansa vintage atau old vibes pasti seneng banget deh dan ingin berlama-lama di sini. Dan di ujung jalan ini, ada semacam pasar rakyat. Namun sayangnya, Ujame gak kesana karena keterbatasan waktu dan keasyikan foto. Hahaha. Makanya, ini pelajaran gaes, kalo mau foto jangan kebanyakan, padahal fotonya juga sama semua, gayanya itu-itu aja wkwkwk

Oh ya, hal unik yang Ujame temukan di sini tuh, Ujame pertama kalinya melihat motor listrik! Iya, inilah kendaraan yang dipakai sama masyarakat lokal Hainan. Namun menariknya, mereka menganggapnya kendaraan tersebut itu layaknya sepeda, jadi jarang banget yang pakai helm. Atau sekalipun ada, helmnya helm batok gitu, yang jadul. Kaya helm mau perang hahaha.


Dan motor listrik tersebut gak dilengkapi klakson, jadi kalau lewat ya lewat aja. Makanya, Ujame hati-hati banget pas lagi foto, apalagi jalan berkelok kan, tiba-tiba tuh motor udah meluncur aja. Kan gak lucu kan kalo ketabrak trus muncul di koran China dengan highlight,

“来自印度尼西亚的两名游客被电动摩托车击中,并没有恢复意识”

Ayooo bacanya apa?? Kalo kamu tau, Ujame kasih hadiah. Hadiahnya doa tapi ya wkwkwk.

Pengalaman unik selanjutnya, agak sedikit kurang mengenakan, karena di sana Ujame melihat pertengkaran warga sekitar. Ramai banget, sampai pukul-pukulan dan berdarah. Kenapa ya? Kan bisa dibicarakan baik-baik hmmm. Tapi please, netizen jangan tanya…

“Emangnya kenapa mereka?”

“Kok Ujame gak  videoin? Kan nanti bisa viral”

Hellaaawww… ini Hainan gaes, bukan Indonesia yang apapun gampang viral. Huffft

Tapi dengan adanya peristiwa tersebut, Ujame jadi dapet pengalaman spesial melihat momen keseharian warga lokal Hainan yang ternyata bisa berantem juga. (Yaiyalaaah Jaenaaaab, namanya juga manusia) *Ok, stop *no comment

  1. Mission Hills Haikou

Yak, abis dari lokasi yang kuno, sekarang bergeser ke lokasi mevvah-nya Hainan di Mission Hills Haikou. Lokasi ini semacam arena elit dan lengkap yang terdiri dari perumahan, hotel, pusat perbelanjaan, restaurant & cafe kekinan, hingga water park.

Karena cuaca cukup panas, banyak rombongan yang melipir ke cafe atau ngadem di dalam Mall Centreville. Namun, pantang bagi Ujame untuk berleha-leha (aslinya sih karena Yuan minim takut habis wkwkw) jadinya Ujame berkeliling luar mall aja.

Dan ternyata, banyak banget spot foto unik yang sepi dari wisatawan. Waaa.. gak sia-siakan eksplorasi ke belakang hihihii.

Gimana? Okeee banget kaaan! Gak sia-sia berpanas-panasan ria hehe.

 

  1. Movie Town Haikou

Bisa dibilang ini spot favoritenya Ujame!!! Lokasi yang mengajak pengunjungnya menyusuri lorong waktu dan balik ke jaman kolonial China. Dan ternyata memang benar, lokasi ini memiliki sejarah dan cerita yang ditampilkan dalam film, Feng Back to 1942.

Dan untuk pengalamannya, ada banyak hal unik yang Ujame temukan di sini. Saat memasuki kawasan ini, terdapat mesin es krim yang mana penjual sekaligus pelayannya adalah robot, lalu di dalam kawasan Ujame melihat pertunjukan kungfu dan binatang lucuuuu yg baru pertama kali Ujame juga lihat yaitu Ilamaaaa!! Gemes ya? Semacam percampuran Unta dengan Domba hehehe

Oh ya.. Ujame juga menemukan hidden gem alias tempat tersembunyi yang mana sepi dari wisatawan. Karena lokasinya di ujung dan di belakang, mungkin banyak yang gak engeh kali yaaa hihihi

Indah gitu, bangunan klasik dikelilingi dedaunan warna hijau dan banyak tempat duduk di sekelilingnya. Ujame pun sampe halu, “Ini beneran gak sih kita di Hainan? Kok spot ini kaya di Korea yak?” hahaha. Serius, kalo kamu ke Movie Town Haikou coba menyusup ke belakang yaaa.. nanti ketemu deh lokasi ini.

  1. Desa Bali

Maa Syaa Allah, Tabarakallah… (Izinkan Ujame nangis dulu). Ini nih spot kedua yang Ujame suka sekaligus menjadi pengantar Ujame memenangkan kompetisi Hainan Blogger Competition. Spot ini yang awalnya menjadi daya tarik Ujame dan highlight di tulisan sebelumnya. Segitu penasarannya Ujame sama Bali yang ada di China ini.

“Kok di China ada Bali? Kok bisa? Kenapa? Kok unik sih?” Begitulah Ujame berdua saling tanya dan bingung sendiri juga pada akhirnya wkwk. Alhamdulillah… rasa penasaran Ujame terobati. Ada sejarah dibalik Desa Bali di Hainan.

Dan melihat wujud aslinya, Desa Bali ini memang benar-benar di design mirip Bali. Mulai dari patung, lukisan sampai suasananya pun kaya Bali. Ternyata benar, serasa di rumah sendiri~~

  1. Li and Miao Village

Bisa dibilang, ini momen selangkah lebih dekat untuk mengenal & mempelajari budaya asli Hainan. Mulai dari penduduknya yang terdiri dari dua suku (Li dan Miao), kebiasaan mereka yang unik, mata pencaharian mereka, pertunjukan mereka sampai tradisi mereka.

Seneng banget pas Ujame di sini karena benar-benar melihat dan mempelajari sesuatu yang baru. Adapun hal unik dan menarik yang Ujame temui di spot ini, diantaranya; Cara penyambutan tamu mereka unik, di mana pengunjung diminta untuk bernyanyi terlebih dahulu. Bila suka, baru dipersilahkan untuk masuk. Kemudian dipegang telinga kita sebagai simbol pengakuan, “we are friends”. Lalu selanjutnya ada lagi, apabila ada pria Hainan yang menyukai wanita dan mau melamar pujaan hatinya itu, pria tersebut wajib untuk menyanyi di depan rumah si wanita. Dan jika wanita menerima lamarannya, maka wanita akan keluar dari rumahnya.

Gitu, unik ya? Kenapa apa-apa nyanyi ya? kalo di Indo, mungkin udah disuruh ikut ajang pencarian bakat keknya. Hmmmm

 

  1. Sanya Phoenix Hill Park

Spot selanjutnya, ini Ujame diajak titik tertinggi di Sanya dan melihat keindahan kota Hainan dari atas. Menurut info, ini sekitar 400meter dari bawah permukaan laut. Tapi sebelum menikmati itu, Ujame harus naik cable car dulu nih kaya waktu Ujame di Genting, Malaysia sekitar 10 menit. Rasanya gimana? Deg.. degan dan banyak doa wkwk

Dan untuk hal unik, di sini Ujame menemukan semacam tempat untuk menuliskan harapan. Kalo di Korea tuh seperti Love Lock Korea di Namsan Tower. Di mana pasangan muda mudi menuliskan nama pasangan beserta harapannya di gembok untuk diabadikan.

Tapi kalo di Hainan, harapan itu bisa berbentuk apa aja, gak mesti muda mudi. Jadi yang jomblo gak usah sedih ya, gaes wkwk. Dan tulisannya rata-rata pakai bahasa Mandarin. Mungkin, ini emang kepercayaan orang lokal kali ya..

 

  1. Nanshan Buddhist Culture Tourism Garden

And finally… di spot terakhir!! Spot yang menjadi kebanggaan penduduk sekaligus ikon Hainan. Patung Dewi Kwan Inn!! Ujame tau nih legendanya karna dulu jadi dongeng sebelum tidur wkwk. Betapa menurut kepercayaan agama Budha, Dewi Kwan Inn adalah Dewi yang memiliki hati baik dan welas asih. Patungnya setinggi 108 meter dan megah banget dengan background landscape langsung ke laut.

Selain turis yang datang kesini untuk menikmati pemandangan ada juga masyarakat atau turis yang beragama Budha datang kesini untuk berdoa kepada sang Dewi

Bagi kamu yang mau menikmati semilir angin dan pemandangan pantai plus patung Dewi Kwan Inn Ujame saranin sih jangan tengah hari bolong kesini, karena panas banget!! Serius!! Harus sedia topi atau payung ya..

Itulah tadi ketujuh spot favorit beserta pengalaman unik dan menarik Ujame selama di Hainan bareng HIS Travel. Tapi, di luar ketujuh list di atas, masih banyak hal lainnya yang gak kalah oke di sana. Misalnya, gak jauh dari Hotel tempat Ujame menginap di daerah Sanya itu ada semacam tempat kumpul warga lokal (kaya alun-alun). Pada malam hari, warga sekitar berkumpul dan menari bersama. Vibes-nya happy & cheerfull banget!

So, Seriously gaes…

Hainan benar-benar worth to visiting banget bersama sahabat atau keluarga. Tapi kalo mau sendiri, juga bisa kok, tinggal join tour group dan nantinya kamu bakalan ketemu kenalan baru yang gak kalah serunya!

Kaya Ujame, ketemu sama Oma, Opa, Tante, Om dan teman-teman lain yang heboh-heboh semua dan gak ngebosenin!

Dan gak lupa, berdasarkan pengalaman lalu jelajah Hainan bareng HIS Travel, Ujame benar-benar merasa terpuaskan mulai dari berangkat ke Hainan sampai kembali ke tanah air, servis HIS Travel sangat professional, bertanggung jawab dan cepat. Ini NO ENDORSE yaaaa!! Ujame buat tulisan ini dengan suka cita dan sebenar-benarnya.

Jadi, buat teman-teman yang mau liburan, bisa coba pakai jasa travelnya. Dan gak cuma ke Hainan aja, HIS Travel menjangkau jasa ke negara-negara di Asia, Australia, Europe dan America. Mau dalam negeri juga ada.

Ujame rasa itu aja ah…

Nanti kalo panjang-panjang bosen lagi ya~~

Xie-xie buat yang udah baca tulisan ini dan sampai jumpa di sharing perjalanan Ujame selanjutnya~~

Btw, nih Ujame kenalin Tour Leader dari HIS Travel yang keceh…

Dan sebagai penutup, nih video preview Hainan kemarin hihihi.. Happy Watching!!

 

Mungkin kamu juga suka ini

39 Komentar

  1. Beneran ada desa Balinya, ya ampun ini keren banget mbak e. Ngelihat kota-kotanya yang bener-bener vintage jadi pengen ke sana euy.

    Aku tahu dong artinya ini mbak: 来自印度尼西亚的两名游客被电动摩托车击中,并没有恢复意识 : Dua turis dari Indonesia ditabrak sepeda motor listrik dan kesadaran tidak pulih…

    Ya kan, haha the power of google translate 🙂

    Hadiahnya doakan aku ke Hainan juga ya hihi

  2. Serunya… jalan jalan bareng sahabat, Hainan ini kotanya terlihat ramai dan banyak spot yang instagramable ya.. jadi kesana pasti banyak stock foto dan tentu hati happy.. selepas liburan jadi tambah semangat untuk ngumpulin uang untuk jalan jalan lagi deh ehehe

  3. Wah, kong si ni yo chi Hainan. Nake tifang centeu hen hao wan, tue pu tue?
    Wo icing chi napien 1 ch. Khese nake shehow hai mey you yau cau siang. Suoyi wo meyo cau pien. How kelien, ma?

  4. Hainan ini udah masuk dalam travel list akuh, tapi belum kesampaian untuk sampai di sana. Terus gegara baca postingan ini jadi makin mupeng deh. Ssstt….bocorin dong mbak, berapa paketnya kalau mau ikut tur Hainan kek gini pakai HIS?

    1. hihih aamiin semoga bisa nyusul ke Hainan yaaa. Murah loh paket tur Hainan di HIS cuma sekitar 4,7 jt an mba, udah all in tinggal duduk manis ajaaa

  5. Wah…tour guide nya masih muda yaa…
    Seumuran dengan Ujame?
    Pasti bahasa Mandarinnya cas-cis cus yaa..

    Ceritain ddonk, Ujame…ke Hainan, gampang gak…kalau mau sholat?

    1. hihihi tour guidenya seumuran sama Ujame. Di Hainan karena bukan negara muslim jujur sih agak susah untuk cari tempat sholat mba. Jadi Ujame sholat di bus aja palingan hihi

  6. Alhamdulillah ya akhirnya ke Hainan juga! Kalau di negara orang emang tuh baiknya enggak asal videoin sesuatu, di Indonesia juga ding karena kita enggak tahu apa yang terjadi. Itu Dewi Kwan Inn jadi ingat sinetron zaman jadul

  7. MasyaAllah ternyata kalian jadi ke Hainan ya, selamat ya. Suka banget baca review perjalanannya, Alhamdulillah moga berkah yaa.. liat street dari batu itu, keren banget. Jadi inget film kolosal

  8. Wah aku penasaran kenapa di sana ada area yamg didesai ala2 Bali gtu mbak? Itu pengelolanya jgn2 pernah ke Bali dan punya kesan mendalam thd Bali. Hehe penasaran cerita latar belakangnya

  9. Alhamdulillah, turut bahagia Ujame menang lombanya dan bisa ke Hainan. Allah Maha Rahman. Doa yang baik telah terkabul. Semoga kian menjadi lebih bersyukur.
    Hainan yang indah itu pengingat bahwa bumi Allah sangat luas. Ujame telah bantu ingatkan dengan tulisan ini berikut foto-foto yang keren.
    Semoga bisa ke sana lagi jika Ujame ingin.
    Soal warga yang berantem gitu, emang seram. Sisi lain sudut kota yang kita kunjungi

  10. Wuihh saya terpeson sama semua spot keren di hainan terutama movie town haikou dan desa Bali bener2 mirip banget desain seperti aslinya, makasi mba putri ujame atas ulasannya saya seperti mengalami travelingnya juga 😀

  11. Sister traveler favorit aku banget deh kalian. Hehehe. Huwaaa seru perjalanannya. Selalu menikmati ulasan traveling ala Ujame yang seru abis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.