Liburan ke China Rasa Nusantara, Kok Bisa?

Maksud dari judulnya apa sih???

Eittss.. sabar dulu! sebelum menjelaskan lebih lanjut, Ujame mau flashback dulu nih~

Sejarah atau awal mula Ujame menjadikan kota indah ini salah satu bucket list yang wajib Ujame sambangi! Harus pokoknya, bismillah… 

Jadi….
Seperti di postingan sebelumnya sekitar beberapa bulan yang lalu, Ujame sempat mengunjungi salah satu spot di Malaysia yang bernama Genting Highland. Spot ini berada di dataran tinggi, di kelilingi oleh hutan pinus yang rindang serta cuaca yang berkabut. Naik ke tempat ini pun harus menggunakan cable car. Dan bagi Ujame, spot ini menarik banget karena arsitekturnya bergaya ‘China banget!’. Dengan warna khas kemerahan yang klasik dan futuristik.

Yaa.. seperti ini nih! Indah banget kan?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ujame Gaja | Travel Enthusiast (@ujamegaja) on

Seketika terbayang deh dataran China yang megah dengan alam perbukitan yang mengagumkan, suasananya, makanannya, masyarakatnya sampai Brucee Lee & Jackie Chan-nya pun terbayang hahaha. Dari sini langsung deh terbesit, “Duuh.. kapan ya ke China? Kayaknya sih kalo lihat dari budget tiket PP pesawat, akomodasi, local transport, HTM wisata dan segala macam printilannya belum bisa deh dalam waktu dekat, mahaaal, Ujame gak sanggup”.

Singkat cerita, setelah memendam harapan ke China yang rasanya belum mampu, Ujame mau ke dalam negeri aja dulu dengan alasan yang tak lain dan tak bukan karena kantong pas-pasan hahaha. Lalu Ujame memutuskan ingin ke BALI! Iya, iya! Ujame emang belum pernah ke Bali, sedih gak sih?

 

PENEMUAN TAK DISENGAJA

Nah, pas lagi cari referensi terkait info Bali, kebetulan Ujame baca artikel dengan highlight, “Menyusuri Desa Bali di Hainan China”. (sumber: archipelago-indonesia). TUNGGU… Kok bisa? Desa Bali? tapi kok ada di China? Setelah Ujame baca dan tanya lebih dalam ke mbah gugel, ternyata benar ada lho Desa Bali di salah satu provinsi bagian China yang letaknya di ujung selatan.

Setelah mengetahui info ini, Ujame excited bangeeeet dong untuk cari tau lebih dalam lagi. Karena semacam paket komplit, punya impian ke China dan sekaligus merasakan suasana Bali juga. Dan nama daerah yang dimaksud itu adalah Hainan.

Hainan ini cepat sekali membuat Ujame jatuh cinta. Kenapa? Karena ada beberapa alasan seperti di bawah ini yang membuat Ujame membulatkan tekad, “HARUS KESANA!”

  1. TIDAK PERLU VISA

Kabar bahagia buat kita semua pemegang passpor Indonesia, karena per 1 Mei 2018, Indonesia diberikan BEBAS VISA bersama 12 negara lainnya. Dan totalnya, jadi ada 59 daftar Negara yang bebas masuk. Duuuh asyik yaaaa! Malahan tiga negara tetangga; Vietnam, Laos dan Kamboja tidak mendapatkan bebas visa lho…

  1. Beriklim Tropis yang Bersahabat

Satu negara, namun berbeda cuaca. Kalau di Beijing, sebagai ibu kota negara China memiliki empat musim. Sedangkan Hainan hanya memiliki 2 musim seperti Indonesia sekitar 19-25 derajat celcius. Sedangkan musim panas akan lebih hangat sekitar 24-35 derajat celcius.

  1. Punya Pantai Cantik Seperti Hawai

Siapa sih gak kenal Hawaii? Negara kepulauan di bagian Amerika Serikat yang memiliki pantai paling populer dan terindah di dunia. Sayangnya, kalau mau kesana, kita mesti merogoh kantong yang tidak sedikit jumlahnya. Tapi, jangan sediiiih… gak perlu jauh-jauh, karena Hainan punya yang sejenisnya. Pantai di sekitaran wilayah Sanya bahkan disebut sebagai Hawaii-nya China.

  1. Kuliner yang Khas & Lezat

Nasi Hainan, siapa sih yang gak kenal? Banyak yang menyangka makanan ini khas Singapura. Padahal awalnya berawal dari China. Dan katanya, cita rasa di tempat aslinya jauh lebih lezat. Jangan lewatkan juga mencicipi kuliner lainnya seperti Hele Crab, Dongshan Mutton, Jiaji Duck dan Wenchang Chicken.

  1. Memiliki Budaya yang Unik

Banyak ragam budaya di Hainan. Mulai Desa Bali yang penduduknya warga Tionghoa asal Indonesia, suku minoritas Li dan Miao yang mendapat penghargaan “The World Intangible Culture Heritage”, dan ada juga kota tua Qilou yang nuansa arsitekturnya memadukan Asia dan Eropa.

  1. Akomodasi Mewah Ramah Kantong

Gak perlu khawatir kantong jebol! Banyak resort dan hotel bintang 5 dengan fasilitas mewah, namun harga bersahabat.

  1. Kemudahan Akses Mengunjungi Destinasi Lain di China

Mau extended mengunjungi daratan China lainnya? Mudah sekali! Dari Hainan bisa mengunjungi berbagai destinasi seperti Guangzhou, Shenzhen dan Hongkong dengan kereta. Atau ada juga rute udara untuk penerbangan ke Hongkong dan Taiwan.

FAKTA: Selain ada Desa Bali, Hainan juga beriklim tropis seperti di Indonesia. Mengapa? Karena seperti dikatakan sebelumnya, Hainan terletak di ujung selatan China yang mana berbatasan dengan negara Vietnam. Jadi, Hainan berbeda dengan Beijing atau Hongkong yang memiliki empat musim, Hainan hanya kebagian dua sama seperti Indonesia. Waaaahhh.. unik yaaa?? Jadi pantes aja sih, kalau ke Hainan itu seperti Liburan ke China Rasa Nusantara seperti judul tulisan ini hehehe.

 

RECOMMENDED TRAVEL!

Setelah mengetahui Hainan sebagus itu, Ujame langsung cari deh travel yang recommend untuk Paket Tour ke Hainan. Dan bertemulah Ujame dengan HIS Travel. Setelah lihat harganya, seketika langsung… Whaaaat?? Kok murah bangeeet! PAKET 6D/4N HOT HAINAN CUMA 4,988 ALL IN! Harga yang setara kalau kita liburan ke Asia Tenggara seperti Thailand atau Myanmar. Tapi ini ke dataran China lho!

Rincian lengkapnya, coba deh kalian download flyer-nya di sini 

Dan kebetulannya lagi, (kok bisa pas banget ya kebetulan terus? Atau mungkin jodoh? *eaa). HIS Travel lagi mengadakan #HOTHAINANBLOGGERCOMPETITION yang mana hadiah utamanya jelas LIBURAN KE HAINAN untuk 4 orang pemenang. MUPENG GAK TUH? YUK IKUTAN!

Cari tau infonya di sini

NB: Nah, lomba ini untuk perorangan ya! Tapi karena Ujame berdua, Ujame daftarkan salah satunya sebagai perwakilan. Daaan.. jika memang berkesempatan menang *AAMIIN*, Yang satunya tetap ikut dong dengan daftar sebagai peserta di HIS Travel pakai budget sendiri yang di-sharing berdua (jujur banget kita ya haha).

 

KENAPA SEBEGITU INGINNYA?

Percaya deh, selain alasan umum yang Ujame jelaskan sebelumnya, destinasi di Hainan itu ternyata waaaw bangeeett! Dan membuat Ujame, “Berani Berlibur ke Hainan”.

Kalau Ujame terpilih jadi pemenang, Ujame akan dokumentasikan deh dalam bentuk cerita di blog dan video di youtube yang ciamik biar kalian juga percaya. *iya, seniat itu ngerekomendasiin kalian!! Tapi berhubung Ujame belum kesana, Ujame sharing dulu destinasi keren di Hainan hasil pencarian Ujame. Dimulai dari Desa Bali itu sendiri!

  1. Desa Bali

Sumber: Pic Bon

Inilah tempat pertama yang bikin Ujame tertarik sama Hainan! WHY? Karena Ujame tertarik banget dengan wisata budaya.

Terletak di kabupaten Xin Long, Desa Bali ini dulunya, di tahun 1960 merupakan tempat penampungan warga keturunan Tionghoa dari Asia Tenggara yang bermigrasi ke Cina. Termasuk Indonesia, yang sedikit banyaknya membawa pengaruh budaya. Berkunjung ke desa ini, katanya sih serasa di rumah sendiri. Secara, suasana alam Nusantaranya berasa banget! Bangunan, tanaman hijau sampai candi seperti di Bali-pun ada. Gak hanya itu di sana juga ada beragam tanaman khas Indonesia seperti belimbing, leci, nangka, kelapa. Dan menariknya, di sana ada tempat pembuatan kue semprong. Unik bangeeet kan! PLEASE, BRING US TO HAINAN!

  1. Pantai Da Dong Sea

Sumber: H.I.S Travel

Pecinta wisata bahari mana suaranyaaaaa? Pasir putih yang terhampar luas, semilir angin yang menyejukan mata dan warna laut cantik yang menggoda itu di Hainan juga ada! Pantai Da Bong Sea namanya. Mulai dari pagi sampai senja, pantai ini terbilang eksotis dan romantis karena pengunjung akan terbuai dengan panorama alam dan nuansa modernitas di sana. Bahkan saking bagusnya, pantai Da Bong Sea ini disebut juga Hawai-nya China. Duuuh kebayang gak tuh pemirsa?

  1. Pantai Yalong Bay

Sumber: china-reise.ch

Masih ngomongin wisata bahari, Hawai-nya China gak cuma Da Bong Sea aja, tapi juga Yalong Bay. Di sana, kamu diajak menikmati beragam permainan dan olahraga pantai yang super seru seperti; berenang, surfing, snorkeling, diving, paragliding dan lain sebagainya.

  1. Sanya Phoenix Valley

 

Sumber: media-cdn.tripadvisor.com

Coba deh kamu bayangkan, bisa melihat pemandangan kota berupa gedung tinggi dengan perbukitan yang hijau dari ketinggian dengan menggunakan cable car? Aduuuh.. buat Ujame itu akan menjadi pengalaman yang mengasyikan. Waktu di Genting Malaysia, Ujame udah coba. Sepertinya di Hainan gak kalah serunya!

  1. Nanshan Cultural Tourism Zone (Patung Dewi Kwan Im)

Sumber: chinatourguide.com

Dewi Kwan Im, siapa yang gak asing sama namanya? Kalo yang suka baca atau nonton cerita legenda dari Negeri Tirai Bambu ini pasti udah hapal banget deh. Ujame sendiri udah gak asing sama namanya. Dikenal dengan nama Dewi Kebaikan atau Welas Asih diajaran agama Budha. Patung dari dewi ini bisa kita lihat di Hainan dengan ukuran raksasa setinggi 108 meter yang merupakan tertinggi di dunia. Tinggi banget dong ya? Kebayang dong kalau kamu foto di depannya bakal sekecil apa? hehehe

  1. Yetian Miao Minority Nationality Village

Sumber: rut.co.id

Sama seperti Desa Bali, destinasi ini juga merupakan wisata budaya di Hainan. Karena di sana terdapat kediaman suku minoritas Li dan Miao yang unik. Malah saking uniknya, kedua suku tersebut mendapat penghargaan dunia lho sebagai, “The World Intangible Culture Heritage” dari Unesco. Perbedaan yang jelas banget dari kedua suku ini terlihat dari cara mereka berpakaian. Suku Li memakai pakaian bewarna hitam-hitam sedangkan suku Miao memakai pakaian bewarna-warni. Waaah, pembedanya kontras banget ya gengs, jadi penasaran ingin lihat langsuuuung!

  1. Feng Xiao Gang Movie Town (1942 Street)

Sumber: res.klook.com

Pas Ujame cari tau tentang tempat ini, kok mupeeeng lihatnya ya? Karena di sini berasa kental banget ‘China-nya’. Area yang merupakan perumahan/pertokoan ini seperti ada di film-film China teompo doelo yang Ujame tonton biasanya. Ternyata bener aja setelah Ujame cari tau, setiap bangunan di sini memilki sejarah dan cerita yang ditampilkan dalam film Feng “Back to 1942”. Ada yang udah pernah nonton filmnya?

  1. Sanya Pedestrian Street

Sumber: upload.wikimedia.org

Bukan jalan-jalan namanya kalo pulang gak bawa buah tangan. Hmm, kata orang di rumah sih gitu ya, mereka minta jatahnya haha. Nah, di sinilah tempatnya! Kamu bisa berburu beragam oleh-oleh asli Hainan dengan harga yang terjangkau.

Dan bisa dilihat nih footage Hainan di youtube HIS Travel. Jangan lupa, di subscribe ya gengs, biar kita bisa lihat info-info up to date wisata lainnya~

Dan masih banyak lagi sebenarnya!!! Coba deh kalian cek http://bit.ly/wisatahainan ada beragam Paket Tour Hainan atau Paket Tour China yang lainnya. Tinggal menyesuaikan budget kalian aja. Kalo masih merasa kurang berlibur di Hainan dan mau menjelajah China bagian lain, ada paket tour Hainan + Macau juga lho! atau Paket Tour China lainnya~

 

YUK PERCAYAKAN Hainan Tour ke HIS, banyak kelebihannya lho!

APA SAJA KEUNGGULAN H.I.S ?

MENGAPA HARUS H.I.S?

LENGKAP BANGET YAAAA!! Kalau dirangkum nih, HIS Travel menyediakan dan melayani 316 paket tour, terdiri dari 28 cabang yang tersebar dan 1.063 destinasi yang ada di dalam paketnya. Gak cuma itu aja, HIS Travel juga sudah memiliki banyak penghargaan lho.. berikut di antaranya:

 

Pantas saja review dari customer-nya puas dan positif semua, berikut dua diantaranya:

Jadi, setelah melihat semua keindahan Hainan beserta keunggulan H.I.S Travel, maka Ujame semakin yakin untuk mempercayakan, Liburan ke Hainan bersama travel tour ini.

 

JADI, TUNGGU APALAGI?
YUK, “BERANI BERLIBUR KE HAINAN” BARENG H.I.S TRAVEL!

DAFTAR SEKARANG JUGA!!!

Mungkin kamu juga suka ini

99 Komentar

    1. Bukan lagiii, dagingnya itu loh bund menggoda ya hahaha.
      Iya bun, pake HIS Travel yang udah terjamin kualitasnya, lihat penghargaannya udah gak perlu diragukan lagi deh hihi

  1. Baru tahu juga ada desa BALI di Cina. Apalagi untuk bisa berkunjung ke sana udah bebas Visa, duh siapa yang nggak tertarik. Untuk sementara nabung dulu deh sempat mimpi bisa injak dataran cina tepatnya ke Hainan bisa terwujud dengan menggunakan H.I.S travel😄*aamiin

  2. Waah berasa di indonesia ya ada bbrp yg sama dgn di Bali. Moga tercapai ke Hainan ya, Kak. Aamiin. Jd penasaran dgn umat muslim disana yg ktnya kaum Ugyur. Salam kenal ya kak

  3. Ngomongin Hainan, kujadi teringat drama Korea Devilish Joy. Salah satu settingnya Hainan juga. Tapi waktu itu gak banyak yang dieksplor karena ceritanya kan cuma stay sehari gitu. Penasaran juga Bali di Hainan kaya apa

  4. Yetian village dan 1942 streetnya cakep bangeeet.. bisa bikin banyak foto keren nanti di situ. Semoga bisa menang dan keturutan ke Hainan yaa Ujame, kami nunggu tulisan petualangan di Hainan nanti, pasti seru banget 🙂

    1. Waaaah.. Ujame malu euy artikelnya dibaca sama bunda yang udah master dalam urusan ginian hahaha
      Kalo ada saran dan kritik, Ujame terbuka ya bund hehe
      Btw, semoga lekas sembuh anaknya :*

  5. Unik banget ya, di China kok bisa ada kampung Bali 😉 Berasa kayak di tanah air dong kalau liburan ke sana.
    Yang desa minoritas itu menarik juga lho untuk dikunjungi. Bentuk rumahnya unik gitu yaaa..
    Semoga Ujame menang ya kompetisi ini biar bisa berangkat beneran ke Hainan dan ntar bisa kasih oleh2 cerita di blog seputar perjalanan tersebut.

  6. Tahunya nasi hainan, itupun blm pernah makan hahaha…semoga suatu saat bisa makan nasi Hainan langsung di kota asalnya sekalian. Pantainya cantik pisan itu…kyknya orang Indonesia bakal betah di Hainan kali ya. Soalnya iklimnya jg mirip. Apalagi ada kampung Bali juga di sana.

  7. Mupeng bacanya… kapan ya aku bisa liburan ke cina.. baca tulisan ini jadi semangat untuk nabung dan rencanakan liburan ke cina juga.. semoga bisa terwujud ya mba.. sehat selalu dan terus menulis tentang perjalanan ya ka.. aku suka deh bacanya.. serasa ikutan kesana

  8. Dulu temanku ada yang kuliah bahasa ke Cina dan suka cerita ttg Hainan, gak cuma tempat wisatanya tapi juga makanannya mbak.
    Wah travel HIS ini aku kyknya brp kali liat di mall, kyknya travel besar dan cukup terpercaya ya mbak.

  9. Pernah baca soal Hainan dimajalah atau koran, dulu sekali. Eh,, baca tulisan ini jadi tahu ada banyak segi menarik dari Hainan. Yah, tempat wisata yang sudah dikembangkan dengan lebih baik oleh pemerintahnya. Mendukung masyarakat agar beroleh taraf hidup sejahtera berkat parawisata.
    Ehm, Indonesia juga tak boleh kalah, loh.
    Saya belum coba makan bebek peking atau nasi Hainan. Ha ha, bikin penasaran saja meski untuk urusan makan di sana harus lumayan keta dengan label halal.
    Semoga bisa kesampaian Ke Hainan, ya. Semoga menang lombanya. Sukses selalu.
    Kadang kita bermimpi atau tersobsesi akan suatu kota karena ada pembayangan serta harapan di baliknya. Semoga apa yang diharapkan bisa diperoleh di sana. Semangat!

  10. Baru tahu ada Desa Bali di Hainan, Cina. Unik banget kedengarannya ya mbak. Tapi bikin takjub melihat penataan kotanya yang mirip Bali. Pasti orang Indonesia betah berwisata kesana. Apalagi didukung dg tempat wisata lain yang menarik, akomodasi yang murah, menjadikan Hainan sebagai incaran tujuan wisata yang patut dicoba. TFS yang sangat inspiring mbak.

    1. Aamiin bunda hehehe, doain ya bund Ujame yang newbie ini hahaha

      Wiiiih sama dong bund, Ujame juga blm pernah ke Bali atau China, yaudah yuk Hainan aja XD

  11. Dan aku pun jadi teracuni buat ke Hainan juga… Aaaahhh kemana aja aku ya ga tau kalau ada tempat seindah Hainan buat dikunjungi, lah selama ini kenalnya cuma nasi Hainan aja… Duuhhh semoga aku juga bisa jalan jalan ke Hainan secepatnya ya kak

    1. Iya buuund, bangga yaaa jadinya..
      Kalo ke Luar Negeri di mana-mana ada Chinatown, eh di China-nya sendiri malah memperkenalkan Indonesia secara tidak langsung. Love!

  12. Movie townnya kece banget yaaaa… Iya, jadi ingat berbagai scene film yang nuansanya persis banget dengan di movie town itu. Bahkan kalau menurutku, film-film barat pun ada yang mengadopsi tatanan movie town itu.

  13. huahhh abis baca ini aku jadi pengen membulatkan tekad juga untuk ke china
    destinasinya luar biasa memang
    apalagi kalao soal foto2 yang bakal menghiasi instagram nanti
    ahhhh noted banget nih postingan

  14. eh lucuuuu baru tahu juga ada Desa Bali di Cina. Kok bisa sih? Pakai bahasa apa? agamanya apa? Trus siapa yang bikin kue semprong di sana?

    Btw, bebas visa ini buat kunjungan ke Hainan aja atau ke daerah Cina yang lain?

    1. Yang aku tau sih bund, kalo di Hainan secara keseluruhan ya pakai bahasa China, tapi kalau di Desa Balinya pakai bahasa Bali bund. Bangga ya hehe
      Agamanya mungkin Hindu atau Budha kali ya, bund kurang tau juga hehe.

      Hmm.. bebas visa cuma buat ke Hainan bund, ke China bagian lainnya tetap memberlakukan Visa (Hongkong tidak ya).

      Yuk, bund ke Hainan bareng HIS Travel! 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.