Realita Drama Selama 2 Hari Explore Korea Selatan

Annyeonghaseyeo Yeorobun!!!

안녕하세요 여러분

Alhamdulillah…. Akhirnyaaaaa, seneng deh sampai juga Ujame di Korea hahaha. Setelah banyak melewati drama petualangan sekaligus kebodohan transit 5 jam di Hongkong.Udah pada tau kan drama Ujame di sana kaya gimana? Yang belum, coba dulu deh baca di sini biar afdhoolll! Wkwkwk

Sebelum cerita petulangan di Korea dimulai, izinkan Ujame mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya. Pertama, tentu saja kepada Allah Ta’ala atas kesempatannya yang berharga. Dan yang kedua, kepada @backpackerkorea atas hadiahnya, Ujame jadi bisa jalan-jalan GRATIS ke Korea dari tanggal 28 Oktober -2 November 2018. Kok bisa dapet Gratis?? Iya, soalnya Ujame menang lomba Video Promotion yang diadain @backpackerkorea. Seperti ini videonya Bisa kali di subscribe juga channel Ujame hehehe

 

Teman-teman ada yang butuh jasa pembuatan video juga, nggak? Kalau butuh bisalah kontak-kontak hehehe *promosi

We called it, dreams come true! Karena Korea Selatan ini masuk bucket list pertama  Ujame, karena dari dulu pengen banget kesana, ginilah efek korean hallyu haha. Ditambah, pas main kesana itu lagi musim gugur. ‘Makin-makin’ deh cantiknya. “Maaaaaakkkkkk… Anakmu ke Korea, Maaaaakkkkk!!! Huaaaaaaa” pasti deh, abis ini jadi omongan tetangga hahaha.

Kaya yang udah pernah Ujame notice di postingan sebelumnya, kalau Ujame itu dapat tiket promo, dan namanya promo biasanya udah ditentuin kan dari maskapainya, nggak bisa request tanggal semau Ujame. Jadi, dapetnya tuh tanggal 24 Oktober malam dan sampai di Korea tanggal 25 Oktober sore. Sedangkan trip dari @backpackerkorea baru dimulai tanggal 28 Oktober. Berarti Ujame punya 3 hari free selama di Korea hahahaha (2 hari sih sebenarnya karena setengah harinya di Hongkong dan petang baru sampe Incheon). Kesempatan ini, sebenarnya Ujame pake buat cari tambahan won hahaha alias buka jastip & foto/video greeting card. Tapi ya gitu, namanya juga dumb and dumber, jadi ada aja hal bodoh yang  terselip di setiap kegiatan hahaha.

Jadi, inilah kisah kami *eaaa~~ (jangan lupa siapin cemilan sebelum baca)

 

Day 1 (Bermalam di Incheon International Airport)

“Yeeeeyyyyy!!! Jadiiiiii, ini toh Koreeeeaaaaa”. Begitulah wong loro katrok iki pas turun dari pesawat dan lihat tulisan Incheon Airport. Rasanya senang dan teharu. Tapi lebihnya noraknya siiiiih. *mohon maaf*

Incheon Airport

Ujame tiba pukul 19.05 KST. Uda malam pemirsa, belum mandi ini dari kemarin malam berangkat trus pagi sampai siang ngebolang di Hongkong. Nggak pede deh sampai Korea, kan banyak Oppa hahaha *canda deng*.

Pas antri keluar imigrasi ada yang beda dari bandara negara lainnya yang udah pernah Ujame sambangi *gaya* (padahal mah cuma Soetta, Changi, KLIA sama Incheon doang), setelah petugas me-scan passport Ujame, mesin tersebut otomatis mengucapkan bahasa Indonesia. Jadi untuk yang gak bisa bahasa Inggris atau korea terbantu banget untuk proses verifikasi data dan jadi lebih mudah tentunya, serasa di rumah sendiri hahaha

Setelah ke luar dari imigrasi, Ujame jalan-jalan keliling Bandara, ‘saking terkagum-kagumnya’. Eh, keterusan trus Ujame baru ingat belum ambil bagasi hahaha. Langsung deh Ujame ‘ngaciiiiir’ ke tempat pengambilan bagasi. Dan ternyata apaaaaa? Di sana tinggal 2 koper doang ditemani 4 petugas yang menunggu kedatangan Ujame hehehe. Pas Ujame sampai tuh ya, salah satu petugasnya langsung nunjukin ekspresi bahagia gitu sambil ngomong ke rekannya. Mungkin gini kali ya, “Gengsss, akhirnya tuh bocah dua datang jugaaaa!” hahaha. Dengan perasaan agak sedikit bersalah dan keterbatasan bahasa, Ujame cuma bisa bilang, “Khamshahmnida, Chunsunghamnida!” XD

Urusan perkoperan selesai, Ujame langsung cari shower room, ‘gateeeel bangeeet pengen mandi!’. Setelah searching dan tanya sana-sini letaknya, ternyata udah tutup dari 30menit yang lalu. Whaaaatt? Kelamaan sih noraknya hahaha. Yaudah terpaksa deh nggak mandi dan cuma ganti baju di toilet.

Wajib Hati-Hati!!!

Setelah ganti baju, lanjut cari buat cari makan. Di bandara ada semacam minimarket gitu. Mereka jual kimbap yang harganya cukup terjangkau. Tadinya mau beli itu, tapi pas diperhatiin lagi ternyata itu pork. Untung aja belum beli, untuk yang mau traveling ke luar negeri apalagi ke negara yang non muslim harus teliti banget ya saat milih makanan, baik itu yang kemasan atau yang di restoran-restoran gitu karena kebanyakan emang mengandung pork.

Dan Ujame pun baru ingat, belum beli T-Money!! Akhirnya beli deh di situ, harganya bervariasi dari 2.500 – 8.000 won tapi Ujame pilih yang murah ajalah ya toh fungsinya sama, ujame pilih yang 2.500 won dengan saldo 0. Ujame beli kartunya aja dulu, gak langsung top up wkwkwk.

Lanjut cari makan, beberapa restoran banyak yang tutup. Mungkin karena udah malam ya. Ujung-ujung nya memutuskan untuk makan fast food aja setelah bertanya kehalalannya, pilihannya KFC atau Loterria, dan keputusan akhir setelah rapat paripurna terpilihlah Lotteria. Harganya 1 paket untuk 2 orang 16.500 won.

Pas pesan makanan, Ujame dikasih semacam lightstick gitu yang ada nomornya, “Ini apa ya? Yaudah ambil aja, anggap aja ngerti” eh nggak lama, bergetar tuh lightstick wkwkwk. Ternyata itu semacam nomor urut buat pengambilan makanan tapi udah canggih. “Waaahh, keren ya.. jadi pramusajinya gak usah teriak-teriak”. Duuuh, maa syaa Allah, masih di Bandara aja udah banyak noraknya hmmm.

Makan malam yang kurang sehat

Setelah makanan siap, cus langsung cari spot di bandara untuk makan dan bobok, dan Ujame dapet tuh bangku panjang di pojokan. Meskipun cuma bangku panjang, bagi Ujame ini amat sangat nyaman hahaha.  Bener deh comfy banget bangkunya!

Kenapa tidur di Bandara? Kenapa nggak di hotel aja? Hahaha sayang cuuuyyyy, malam itu Ujame perlu bersabar dulu. Besok baru bisa ngebolang dan melihat keindahan kota Seoul. Aaaaaaahhhhhh!!!!

 

Day 2 (Menuju Hostel di Myeongdong)

The adventure is begin! Ujame bangun pagi dong buat shalat subuh walaupun semalem tidur pagi juga (jam 01.30 KST udah termasuk pagi loh) dan balik tidur lagi karena serius capek cuuy. Jadi, Ujame baru keluar Bandara sekitar jam 9 pagi.

Sebelum tidur, malamnya sempat berunding destinasi mana aja yang mau dikunjungi. Pertama, pokoknya harus ke penginapan dulu yang adanya di sekitar Myeongdong. Karena pas pesan kamar, udah request untuk check-in jam 10 pagi. Jadi dari Bandara, Ujame harus naik AREX (Airport Railroad Express) terus turun di Seoul Station dan menyambung naik MRT turun di Myeongdong Station.

bbbbrrrrrrrrrrr Baru banget selangkah keluar Bandara aja udah shock, dingiiiiiiiiinnn cuuy!! Maklum, kita kan anak tropis xD Suhunya waktu itu sekitar 9 derajat dan cuaca lagi hujan plus angin kencang. Dari Bandara ke stasiun AREX tuh mesti menyebrang gitu, dan di situ Ujame ‘lari-larian’ sambil hujan-hujanan hahaha. Padahal ada payung di backpack, tapi biarlah Ujame mau menikmati hari pertama ini.

Penampakan tiket Arex dari Incheon menuju Seoul

Setelah sampai di konter AREX, Ujame beli tiketnya seharga 9.000 won/orang. perjalanan dari Bandara Incheon ke Seoul Station sekitar 45menit. Lumayan lama, jadi bisa mengistirahatkan tubuh (lagi) sambil memandang pohon-pohon yang mulai berubah warna jadi kuning atau merah dari balik kaca jendela. Aaaahhh.. Indahnya, pas nulis ini, Ujame kangen, pengen balik lagi rasanya.

Sesampainya di Seoul Station~~

Perut kembali menggema, Ujame melipir dulu ke GS25 semacam Indomaret atau Alfamart kalau di Indonesia mah. Ujame memutuskan menu sarapan pagi menjelang siang ini adalah sebungkus kimbap tuna dan sebotol susu pisang yang kaya di drama-drama Korea. OMGGGGG!!! Ternyata begini toh rasanya, enaaaaaakkkk!!

Sarapan ala-ala drama Korea, sebungkus kimbap tuna plus susu pisang

Setelah sarapan, Ujame langsung menuju ke vending machine untuk top-up T Money sebelum ke Myeongdong Station. Pas mau top up, si dumb and dumber berulah  lagi haha, Salah satu dari Ujame, T Money-nya HILANG!!  Kayanya ketinggalan di kursi AREX, keasikan liat pemandangan tadi sampai nggak sadar kartunya ketinggalan, jatoh, keselip atau apapun itu karena sampai sekarang masih jadi misteri wkwkwk.

Yaudahlah yaaaa hahaha. Akhirnya yang satu T Money-nya di top up 10.000 won. Satunya lagi, beli tiket sekali perjalanan dulu sampai Myeongdong Station, harganya 1.250 won (1.200 untuk perjalanan, 50 deposit).

Tiba di Myeongdong

Haduh berasa salah gitu milih turun di Myeongdong, soalnya pas turun dari kereta langsung dihadepin dengan Myeongdong Underground!! Banyak toko-toko yang jual baju-baju low price gitu, tapi dijamin, modelnya gengssss, lucu-lucu bangeeeet! Korean style emang gak ada matinya kan? hehehe. Ujame aja kalap, meskipun kalapnya lihat-lihat doang hahaha.

Dan perlu kamu tau gengs, tangga di stasiun Korea itu tinggi-tinggi banget. Jadi perjuangan banget angkat koper ditambah dengan backpack di punggung. Kaya gini nih tangganya. Ujame rempong jadi nggak sempat foto, tak cari di mbah gugel ya…

Photo by Google

Keluar dari tangga stasiun, berasa “We are the champion” melewati tangga-tangga manja itu dan inget Ujame bawa koper gede!! Bisa dibayangin kan naik tangga sambil angkat angkat koper kaya apa rasanya (sebenernya ada lift tapi karena masih baru touch down di korea jadi masih bingung dan nggak tau apa-apa. Keluar daru stasiun (setelah naik tangga yang HaaaaH sudahlaaaaah!!)  ternyata byuuuuuuurrrrrr!! Hujan gerimis-gerimis cantik gitu!! tapi lumayan bikin basah. Tau gitu mah, di dalam stasiun aja dulu,  lihat-lihat baju lagi nggak  apa deh.

Mau gak mau trobos aja hujannya, demi sampe Hostel cepat dan bisa mandi, Tapi lagi dan lagi kebodohanpun terjadi lagi~~ sama kaya di Hongkong, entah kenapa ya Ujame ikuti arah gmaps, tapi kok ngaco ya? diajak muter-muter terus padahal lagi hujan ini, pengertian sedikit lah wahai  Google. Dan setelah 3x muter, akhirnya ketemu juga jalannya hahaha (padahal keluar stasiun tinggal ambil arah kanan lurus aja terus gak belok-belok hmmm)

Pas perjalanan ke Hostel, Ujame lihat Namsan Tower dari kejauhan. Norak ini kayanya udah mendarah daging deh gak bisa ‘sok-sokan’ stay cool. Ujame heboh sendiri gitu lihat Namsan Tower sampai diliatin sama orang sana, mungkin mereka mikir “Uceeeet Santai Mba, Heboh banget liat Namsan Tower doang”.

Oke, Setibanya di Hostel

Setelah Google Maps sudah berdamai dan menunjukan jalan yang benar akhirnya Ketemu!! VESTIN HOSTEL terpampang jelas dan nyata (btw, itu nama Hostel yang Ujame pake selama 2 malam). Tanpa berpanjang lebar, langsung aja masuk, serius udah gerah banget ini badan. Tapi cobaan kembali datang, haduh mau ke hostel aja masih harus naik tangga sambil bawa koper!! Dan setelah diperhatikan, serius deh ini ada yang janggal, di cek lagi bener kok nama hostelnya tapi serius INI KENAPA BANYAK SAMPAH KANTONGAN BERTUMPUK DI DEPAN PINTU MASUK!! MAKSUDNYA APA? INI HOSTEL BUKAN SEKALIAN JADI TEMPAT PEMBUANGAN SAMPAH SETEMPAT KAN YA?

Pas naik tangga pun kita gak nemu Lobby nya di mana, terus ini check-in-nya  gimana wooy!! APA JANGAN-JANGAN……..

Jangan-jangan apa hayo?? Penasaran kelanjutannya gimana? Jadi hostel Ujame itu tempat apa? Kok gak jelas banget? Cerita lengkapnya bakal muncul di postingan selanjutnya yaa…

 

Buat yang penasaran dan gak mau ketinggalan, bisa loh taro e-mail kamu di kotak subscribe, nanti notifikasi update-an terbaru dari cerita Ujame bakal langsung masuk ke e-mail kamu. Jangan lupa follow juga yaaa hehe

 

So…

See you in the next chapter of dumb and dumber explore Korea

Mungkin kamu juga suka ini

53 Komentar

  1. Ujame keren bisa sampe Korea haratis berkat video duh jadi pengen diajarin nih bikin video ciamik 😀

    nah manfaat ada blog ya ini jadi kekatroaan pas berkunjung ke negara lain bisa diminimalisir cem Ujame yang baru tau stick getar wkwkwk ku ngakak kayaknya aku juga kalau katro ya maen bawa2 aja

    Dan bagian ngkak pulak yang naik tangga padahal ada lift duh tuh betis kondean 😀 serulah ditunggu selanjutnya

    1. Iya nih mbak Herva, Alhamdulillah rezeki tak terduga :’)
      Iya mbak, kadang kalo ke Negara luar, kita jadi belajar dan tau hal baru. Meskipun norak dulu awalnya wkwkwkwk

  2. Mba ujame video nya bagus banget, ngomong2 ada juga nih lomba bikin vlog dari cheria holiday tema nya tentang bikin video wisata halal. Coba aja ikutan mba hadiah nya lumayan libursn ke thailand..

  3. Alhamdulillah ya udah pernah injak2 Korsel! Semoga kujuga ada kesempatan!!! Aku bayangin nanti bakal senorak dirimu deh Mbak. Di Bandara Icheon kan emang kumplit. Kayanya udah main di situ aja seneng ya

  4. Awww… selalu excited baca kisah petualangan di negeri Orang Ujame.
    Seru-seru gimanaaa gitu.
    Jadi seolah masuk ke dalam ceritanya hahaha.
    Btw agak gagal fokus tuh baca hostelnya, saya pikir vetsin hostel hahaha

  5. Kalau ke luar negeri emang harus ekstra teliti dan hati2 nih soal makanan. Sekalian dong, kasih rekomendasi makanan halal di Korsel. Siapa tahu suatu saat nanti bisa kesampaian menginjakkan kaki ke Korsel. Jadi nggak bingung soal makanan. Jadi nggak sabar sama cerita selajutnya.

  6. Seru seruuuuu!! aku jadi kepingin kepo semua cerita jalan-jalan di blog ini! Yang paling bikin penasaran kalau orang bisa traveling itu… duitnya gimanaaa??? dari mana??? nabung berapa lamaaa??? *stres sendiri* wkwk

    1. oiya btw kan di situ berangkat gratis ya mbak. Adakah tulisan di blog ini yang isinya tips budgeting dan bikin itinerary? beneran loh aku pengin konsul kalo bisa sih haha

  7. Huhuhu, maulah aku juga explore Korea Selatan. Sebarang KDrama Lovers, salah satu destinasi wisata yang kudu didatengin jelas adalah Korea Selatan. Kepengen ketemu Ahjussi-ahjussi itu. Wkwkwkkw…
    Btw, Keren deh mbak-mbak berdua. Ajarin dong… 🙂

  8. Alhamdulillah ikut senang akhirnya berhasil ke negara impian ya mbak 😀
    Aku tu sampai skrng penasaran gmn sih caranya supaya bisa mendapatkan tiket promo, aku kok gk penah dapat ya haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.