Apply Visa Korea Selatan Tak Seseram Yang Dibayangkan

Well, selamat datang buat kamu yang berkunjung atau gak sengaja nyasar di blog Ujame gara-gara liat judulnya hehehehe. Pasti ada maksud dan tujuan kamu dong ke blog ini, yang gak lain dan gak bukan buat persiapan apply visa ke Korea.

Emang sih, apply visa itu membuat dilema dan jadi momok yang cukup menakutkan buat kita semua yang pengen jalan-jalan ke luar negeri. Apalagi, visanya ya visa Korea yang persyaratannya lumayan banyak dan proses review di kedubesnya super ketat, karena katanya sih banyak imigran gelap dari Indo yang cari kerja di sana.Jadinya, wajarlah ya kalo Kedubes begitu dan berimbas ke kita-kita yang murni kesana buat liburan bukan buat kerja apalagi ngejar Oppa hahaha.

See You In Koreaa…..

Tapi tenang aja, where there’s a will there’s a way! Kalo persyaratan yang Ujame kasih di bawah ini kamu ikutin plus positive thinking, in syaa Allah visa kamu akan di APPROVED deh, kaya gini nih. *eaaaa

Here We Go……

Persiapkan dokumen-dokumen gemaash ini yaaa

  1. PASPOR ASLI yang masa berlakunya lebih dari 6 bulan dari tanggal keberangkatan. Kalo kamu punya PASPOR LAMA, dilampirkan juga yaaa.. beserta fotokopiannya.
  2. FOTOKOPI PASPOR di kertas A4 (halaman pertama yang ada foto, halaman terakhir yang ada alamat, dan halaman yang ada cap / visa negara yang telah dikunjungi. Untuk paspor lama, juga sama yaa di fotokopi 3 bagian tersebut.
  3. FORMULIR VISA, Kamu bisa download di sini trus kamu isi deh. Pengisiannya harus teliti dan benar. Jangan sembarangan! Salah-salah nanti visamu bisa ditolak hiksss. Gak mau kan? Makanya, kamu bisa ikutin step by step di postingan Ujame selanjutnya ya.. klik di sini
  4. FOTO TERBARU 6 bulan terakhir dengan background putih. Ukurannya sendiri 3,5 x 4,5 atau 4 x 6. Fotonya langsung ditempel di formulir visa. Bukan foto editan dan harus foto studio. Dengan syarat; harus 70% wajahnya terlihat dekat, tidak memakai topi, jidat kelihatan, dilarang nyengir or unjuk gigi hahaha. Kasih senyum terbaik kamu~ trus buat yang memiliki mata minus dilarang pakai kacamata atau softlense ya..
  5. FOTOKOPI KTP ​depan belakang di kertas A4 jadi 1 halaman.
  6. FOTOKOPI AKTE LAHIR
  7. FOTOKOPI AKTE NIKAH / AKTE CERAI / AKTE KEMATIAN (jika salah satu pasangan meninggal) *yang masih jomblo skip aje, nanti kita cari jodoh di sana *eh
  8. FOTOKOPI KARTU KELUARGA
  9. SURAT SPONSOR PERUSAHAAN menggunakan bahasa Inggris di atas kop surat perusahaan, ditandatangani oleh pihak HRD / Atasan / Direktur dan disertai cap perusahaan. Dan seperti ini yah, ketentuannya:
    – Jika perusahaan tidak ada kop surat, pihak HRD / Atasan / Direktur harus tanda tangan di atas materai 6000 atau di atas cap perusahaan)
    – Jika ada anggota keluarga yang ikut bepergian, maka dicantumkan nama dan statusnya (misal, sebagai istri / suami / anak)
    – Jika jabatan General Manager / Direktur / Presiden Direktur / Komisaris harus melampirkan fotokopi NPWP dan SIUP
    – Jika memiliki bisnis sendiri dan tidak ada kop surat perusahaan, maka surat diketik di atas kertas putih polos dengan cap atau materai 6000, dan harus melampirkan NPWP dan SIUP
    – Jika status pensiun, maka surat diketik di atas kertas putih polos dan ditandatangani sendiri di atas materai 6000
  10. FOTOKOPI KARTU PELAJAR / KARTU MAHASISWA (jika masih sekolah / kuliah)
  11. SURAT KETERANGAN PELAJAR / MAHASISWA dalam Bahasa Inggris (jika masih sekolah / kuliah)
  12. FOTOKOPI SPT PPH21 yang dikeluarkan Dirjen Pajak RI. Nah kalo pengalaman Ujame sendiri sih, Ujame terbagi dua nih. Kamu udah tau kan, kalo Ujame terdiri dari 2 jenis? Eh 2 orang maksudnya, wkwkwk. Jadi, yang satu melampirkan SPT PPH 21 dan satunya tidak.
    – Kalo yang melampirkan SPT PPH 21, melampirkannya yang asli (kalo kamu mau fotokopiannya aja ya gpp) beserta bukti lapor pajak. Tau kan, bukti lapor pajak yang mana? Bukti yang kamu dapatkan setelah lapor pajak dan dikirim melalui email. Print aja deh langsung dari situ. Ditambah fotokopi NPWP. Fotokopi NPWPnya di kertas A4 yang ada print-an bukti lapor pajak tersebut. Jadi 1 halaman. Mudeng kan gengs?
    – Kalo yang tidak melampirkan SPT PPH 21 dengan alasan tidak punya, selaaaaaaw, no worries. Kamu tinggal buat surat pernyataan dari diri sendiri dan surat keterangan dari perusahaan menggunakan bahasa inggris.
    * Surat pernyataan dari diri sendiri disertai materai 6000 dan tanda tangan.
    * Surat keterangan dari tempat bekerja dengan memberikan alasan mengapa kamu tidak memiliki SPT PPH21 disertai dengan kop surat, cap perusahaan dan tanda tangan pimpinan.
  13. SURAT REFERENSI BANK dalam bahasa Inggris. Fyi, kamu bisa buat referensi bank di bank cabang manapun, gak harus di pusat atau tempat kamu membuka rekening. Proses pembuatan dan lama waktunya pun berbeda-beda. Ujame sendiri di Bank BNI Syariah. Proses pengerjaannya 2hari dan harganya Rp150.000,-
  14. BUKTI KEUANGAN berupa REKENING KORAN TABUNGAN 3 BULAN TERAKHIR. Ini dia nih yang jadi dilema kita semua ya saudara-saudara!!! alias para traveler yang punya budget seadanya hahaha. Oke, awalnya Ujamepun khawatir, karna banyak banget informasi yang berbeda-beda terkait minimal saldo yang dibutuhkan buat apply visa Korea. Ada yang 30jt ada yang 50jt, ada juga yang dibawah 10jt tapi di approved (amazing). Ujame sendiri cuma punya saldo sekitar 12jt di rekening masing-masing. So, no worries, dear... Nih, Ujame kasih saran, harus ada berapa sih saldo yang ada di rekening kamu supaya aman? Kamu bisa pakai rumus di bawah ini:

(Lamanya di Korea x biaya di korea/hari) + harga tiket pulang = saldo minimal

(6 x Rp 1.500.000,-) + Rp 3.000.000,- = Rp 12.000.000,-

Rumus di atas sih perkiraan Ujame aja ya, gengs. Bisa saja biaya perharimu di bawah atau di atas 1,5jt, kembali lagi ke kebutuhan masing-masing ya (saran lagi sih, budget minimum sehari di Korea itu sekitar 100USD). Nanti dicocokan saat pengisian data di formulir. Oya, biaya print rekening Koran sendiri kalau di BNI Syariah Rp 1.000,-/lembar.

KETERANGAN TAMBAHAN :

  • Bagi anak yang pergi tanpa didampingi orang tua, wajib melampirkan SURAT SPONSOR ORANG TUA (sebelah kiri bawah TTD ayah di atas materai 6000, sebelah kanan bawah TTD ibu tanpa materai) dan BUKTI KEUANGAN ORANG TUA
  • Bagi ibu rumah tangga yang pergi tanpa didampingi suami, wajib melampirkan SURAT SPONSOR SUAMI dan BUKTI KEUANGAN SUAMI

 

Dan, jika kamu membutuhkan contoh dari dokumen-dokumen gemash tersebut, bisa tulis di kolom komentar alamat E-mail kamu ya, dan sebutkan dokumen apa yang kamu perlukan. We will help and send for you, gengs~~

 

Gampang kan syarat-syarat gemashnya?? Kamu gak perlu menyertakan bukti tiket pesawat atau penginapan, karna Kedubes sendiri gak minta. Kalo masih ada yang bingung, lagi-lagi jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar yah.

 

Okay, Next Step!!! Abis ini ngapain lagi? Trus kemana??

Kantor Kedutaan Besar Korea Selatan
  • Udah dipastikan semua dokumen 100% lengkap, kan? Jangan lupa disusun sesuai urutan di atas yaaa…
  • Abis itu datang deh ke Kedutaan Besar Republik Korea dan jangan lupa ya, berdoa dulu hehehe.

Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 57, RT/RW 01/04, Kuningan Timur, kec. Setiabudi, Jakarta Selatan – DKI Jakarta 12950.

  • Sebelum kamu jalan kesana kamu pastikan dulu waktu operasional mereka. Jangan sampai pas kamu kesana tutup, kan zonk!! Hehe

-Penerimaan Aplikasi Visa : Senin – Jum’at (09.00 – 11.30)

-Pemberian Visa : Senin – Jum’at (13.30 – 17.00)

Kecuali hari Sabtu & Minggu, libur resmi Republik Indonesia dan 4 hari libur resmi Republik Korea:

-Hari Pergerakan Kebebasan (Samil-Jeol) 1 Maret

-Hari Kemerdekaan Republik Korea 15 Agustus

-Hari Kebangkitan Nasional Korea 3 Oktober

-Hari Bahasa Korea (Hangeul-Nal) 9 Oktober

  • Kalau kamu udah pastikan Kedubes buka, kuy berangkat kesana. Dan ketika sampai, yang pertama harus kamu lakukan adalah membayar visa terlebih dahulu. Untuk single visa dengan kunjungan di bawah 90 hari sama seperti Ujame, harga Oktober 2018 Rp576.000,-. Berbeda dengan informasi harga di website Kedubes Rp544.000,-. Mungkin belum diperbaharui kali ya~~

    Blanko Pembayaran Visa Korea Selatan
  • Setelah bayar, nanti kamu dapat semacam stempel yang bentuknya kaya materai gitu. Dan stempel tersebut nantinya ditempel di bawah foto di formulir visa kamu. Jadi, jangan sampai hilang ya!
  • Trus kamu pindah gedung deh. Masuk ke gedung melalui pintu ‘entrance’. Nanti ada pak satpam baik hati yang akan periksa tas dan meminta kamu memperlihatkan KTPmu.
  • Setelah dipersilahkan masuk, kamu akan menuju tempat pendaftaran. Tapi sebelumnya, ada pak satpam baik hati lagi yang membantu kamu mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. Nah, stempel yang tadi kamu dapatkan setelah pembayaran, kamu taruh yang di bawah foto form visa kamu. Di dekat pak satpam ada paper clip gratis kalo kita butuh. Baik kan? hehehe
  • Udah deh, abis itu kamu ambil nomor antrian urutan dan tunggu deh sampai nama kamu dipanggil

    Suasana Menunggu Antrian
  • Kalo udah dipanggil, kamu maju ke loket dan serahkan dokumen-dokumen gemash tersebut. Biasanya ada percakapan kecil, kamu ditanya mau ke Korea ngapain? Trus berapa lama? Gitu aja sih basa basi. Trus si mbak/mas loketnya minta foto lagi 1 lembar. Jadi kalo bisa bawa lebih ya, kalo gak ada sih ya gapapa.
  • Udah deh, setelah itu kamu akan dapat tanda terima pembayaran yang nantinya dipergunakan untuk pengambilan visa.
  • Di tanda terima tersebut, sekaligus berisi informasi perkiraan kapan visa kamu keluar. Ingat yaaa, ini perkiraan bukan kepastian. Hmmmm.. Biasanya sih tanggal pengambilan visa di tanda terima tuh selang 6 hari dihitung dari keesokan harinya setelah kamu menyerahkan berkas (kecuali Sabtu, Minggu dan waktu libur tidak dihitung).
  • Realitanya, banyak yang lewat dari 6 hari bahkan bisa sampai 2 minggu. Jadi, kamu harus memastikan dulu status visa kamu di website Kedubes dengan memasukan data kamu. Kalau status kamu masih Under Review itu tandanya pihak konsular masih memeriksa berkas-berkas gemash kamu. Tapi kalau udah Approved/Rejected itu tandanya, visa kamu telah keluar dan paspor bisa diambil kembali.
  • Sudah jadi nih kan ya visa kamu, baru deh keesokan harinya kamu kembali ke Kedubes, jangan pas hari H-nya yaaa! waktu pengambilan sendiri sama seperti yang Ujame sebutkan di atas ya. Siang, jangan pagi! Karna pasti gak dilayani hehehe

 

Udah deh kelar, gampang kan? Percayalah gengs, jangan parno duluan. Apply visa Korea Selatan gak seseram yang dibayangkan *aseeek. Dan as long as dokumen kamu itu lengkap. In syaa Allah deh pasti di APPROVED!!!

Good luck ya, gengs! Ujame doakan yang baca artikel ini visanya semua di APPROVED.

~AAMIIN YAA RABBAL ‘ALAMIN~

Mungkin kamu juga suka ini

77 Komentar

    1. Iya mbak, yang penting 3 bulan sebelum apply, itu saldo rekening harus aman dan lancar. Jangan cuma mengendap hehe.

      Persiapannya jauuuuh, apalagi yang saldonya minim kaya Ujame wkwk

  1. wkwkwkwk rempong juga yaaa..
    Kalau saya emang bukan pecinta Korea banget, jadi belum ada sama sekali terbersit di ingatan mau ke Korea.
    Semoga nanti saya ke Korea, approvednya mudah dan minim drama.

    Liburannya udah kayak mau beli KPR aja btw ya, harus ada saldo ninggal di rekening, hahaha

    1. Memang minimal saldo untuk apply Korea itu gak ada yang tau, Mpo. Kedutaan juga gak menyebutkan. Jadi misteri hehehe

      Teman Ujame apply yang saldonya di atas 30jt direjected, Mpo. Jadi untung-untungan juga. Yang penting bismillah aja, kalo rezeki berarti berangkat hehe

    1. Iya, mbak teman Ujame saldonya >30jt ditolak karena dokumen kurang lengkap. Yang penting itu dokumen mbak, sama saldo minimum yg kita perkirakan cukup buat berkunjung ke sana.

      Kudu pinter-pinter mbak Isti, mengamankan rekening 3 bulan sebelum apply. Rekening kita mesti lancar dengan saldo yang aman. Itu bisa minjem-minjem dulu kek gitu ke orang terdekat *eh. Nanti kalo udh selesai apply visa dibalikin XD dan jangan ada saldo mendadak yang tiba-tiba besar, itu yang mencurigakan.

    1. Iya, mbak teman Ujame saldonya >30jt ditolak karena dokumen kurang lengkap. Yang penting itu dokumen mbak, sama saldo minimum yg kita perkirakan cukup buat berkunjung ke sana.

      Kudu pinter-pinter mbak Rani, mengamankan rekening 3 bulan sebelum apply. Rekening kita mesti lancar dengan saldo yang aman. Itu bisa minjem-minjem dulu kek gitu ke orang terdekat *eh. Nanti kalo udh selesai apply visa dibalikin XD dan jangan ada saldo mendadak yang tiba-tiba besar, itu yang mencurigakan.

  2. wowww aku juga pengen loh ke korea. tapi kudu dibayarin, kudu diurusin visanya juga, hahaha. beberapa temanku yang penggila drama korea semangat banget baca-baca artikel begini demi tercapainya cita-cita bertemu para oppa langsung di negeri asalnya, hehehe

    1. Hahahaha.. yang gratis itu emang lebih enak ya, Mbak.
      Ini Alhamdulillah, Ujame gratis :’)

      Btw, makasih udah disharing ke temannya ya, mbak. Semoga bermanfaat hihihi

    1. Untuk minimal itu gak ada yang tau, kak. Kedutaan juga gak menyebutkan. Teman Ujame saldonya >30jt tapi visanya direjected, mbak :’)

      Yang penting dokumen lengkap dan tabungan lancar selama 3 bulan terakhir, mbak. Itu koenciiii hehe

  3. Kak, harus banget kah punya SPT PPh 21? Kalau ga punya, kudu lampirkan surat dari perusahaan. Lha bagaimana dengan nasib freelancer macem saya ini >,<

    Surat sponsor dari suami dan laporan keuangan suami seperti apa ya? Mau dong dijapri ke helenamantra@live.com

    Terima kasih.

    1. Haloo kak, salam kenal yaaa hehehe

      Untuk freelancer itu kita buat surat pernyataan, yang di mana di dalamnya kita kasih keterangan apa pekerjaan kita dan berapa penghasilan kita, Pakai materai dan di tanda tangani ya, Kak.

      Nah, kebetulan kakak sudah menikah ya?
      Bisa bangeeet dokumen2 suami sebagai pendukung.

      Untuk surat sponsor nanti minta ke perusahaan suami, kak yang menerangkan memang benar suami kakak bekerja di perusahaan tersebut dan kakak adalah istrinya.

      Kalau bukti keuangan, sama seperti bukti keuangan pribadi, Kak.
      Surat refrensi bank dan cetak rekening koran.

      In syaa Allah, Ujame kirimkan ya, Kak 🙂

  4. Baca detail yang harus disiapkan untuk apply visa aku melongo sendiri. Maklum belum pernah ke luar negeri. 😂😂😂

    Kalau punya perusahaan kecil kayak cv gitu, suratnya boleh ditandatangani sendiri yak? 😂😂😂

    1. Ayo mbak coba hehehe.
      Iya betul, buatsurat keterangan kepemilikan usaha gitu beserta informasi penghasilan per bulan rata-rata berapa di tandatangani di materai hehehe 😀

    1. Iya, bahkan di bawah 10jt bisa kok mbak, asal dokumen kita lengkap dan saldo rekeningnya lancar dan gak mencurigakan juga tiba-tiba membesar hehe.
      Pokoknya 3 bulan sebelum apply visa dipersiapkan biar aman 😀

    1. Yang penting kita kudu pinter-pinter mbak Noe, mengamankan rekening 3 bulan sebelum apply. Rekening kita mesti lancar dengan saldo yang aman. Itu bisa minjem-minjem dulu kek gitu *eh. Nanti kalo udh selesai apply visa dibalikin XD dan jangan ada saldo mendadak yang tiba-tiba besar, itu yang mencurigakan.

  5. Waah ATM sekarat gak bisa ke Korea ini karena urus visanya kudu ada tabungan minimal 10 juta ya. Maksudnya biar bisa pulang kembali ke negara asal ya. Jangan keenakan di Korea wkwk

    1. Iya betuuull..
      untuk ke Negara bervisa, 3 bulan sebelum apply visa, kita amankan dulu saldo rekening bisa pinjam2 dulu gitu ke orang terdekat, nanti dibalikin pas selesai apply visa xD

    1. Iya, mbak teman Ujame saldonya >30jt ditolak karena dokumen kurang lengkap. Yang penting itu dokumen mbak, sama saldo minimum yg kita perkirakan cukup buat berkunjung ke sana.

      Kudu pinter-pinter mbak Herva, mengamankan rekening 3 bulan sebelum apply. Rekening kita mesti lancar dengan saldo yang aman. Itu bisa minjem-minjem dulu kek gitu *eh. Nanti kalo udh selesai apply visa dibalikin XD dan jangan ada saldo mendadak yang tiba-tiba besar, itu yang mencurigakan.

  6. Wah menarik nih…informasi penting. Noted buat jaga2 kalau ke sana hehe. Pernah ngueusin visa ke Turki tp visa sfudent jd ga ada surat referensi banknya padahal.sblmnya dgr rumoe hra ada saldo puluhan jeti jga hahaha

    1. Iya, mbak teman Ujame saldonya >30jt ditolak karena dokumen kurang lengkap. Yang penting itu dokumen mbak, sama saldo minimum yg kita perkirakan cukup buat berkunjung ke sana.

      Kudu pinter-pinter mbak April, mengamankan rekening 3 bulan sebelum apply. Rekening kita mesti lancar dengan saldo yang aman. Itu bisa minjem-minjem dulu kek gitu ke orang terdekat *eh. Nanti kalo udh selesai apply visa dibalikin XD dan jangan ada saldo mendadak yang tiba-tiba besar, itu yang mencurigakan.

  7. Ahseegg… pankapan kalau mau ke Korea udah tau nih referensinya tinggal klik blog Ujame ya. Yuukk terus share informasi bermanfaat seperti ini. Bakalan banyak yang butuh nih.

  8. wagelaseeeh ini lengkap banget cara-caranyaa. dah aku simpen mba buat aku baca ulang pas mau ke korea. someday aku pengen ke sana soalnyaaa. thanks for sharing yaaa, berguna bangeeet 😀

  9. Wah Terima kasih infonya ujame. Saya sekeluarga mau berlibur ke Korea.. Utk syarat pengajuan bisa ada yg mau saya tanyakan
    1. Saya ibu rumah tangga dan punya usaha sendiri utk rek koran apa hanya suami aja. Apa pake rek koran saya juga? Tp usaha saya masih usah kecil kecil yg blm punya siup. Tp udah punyak iumk. Dan juga blm punya spt pph 21.
    2. Bisa minta contoh surat keterangan sekolah? Untuk anak saya.
    3. Contoh surat sponsor kantor?
    4. Saya kan berjilbab. Untuk foto visa apa harus lepas jilbab?
    5. Kami kan berempat saldo rek amannya brp ya?
    Tolong kirim ke email saya ya kenimiasri@gmail.com. Terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.