Traveling Murah ke Malaysia Kurang Dari 2 Juta

Alhamdulillah… Terima kasih teman-teman sudah mampir di blog Ujame, semoga betah yaa baca sampai akhir dan ada manfaat atau informasi yang bisa didapatkan hehe. Aamiin..

Tulisan ini Ujame buat sepadat mungkin dan tidak bertele-tele supaya teman-teman tidak bosan saat membaca. Informasi yang Ujame berikan real sesuai pengalaman Ujame. Bila ada kesamaan dengan tetangga, itu karena faktor ketidaksengajaan ya..

 

*eaaa. Udah ah, banyak basa basi, katanya gak bertele-tele! to the point aja! (haters said) ekekekek. Ok, Happy reading, guys!

Intermezo…

Kira-kira sekitar sebulan yang lalu, Ujame melakukan perjalanan yang kedua ke Luar Negeri. Dan Negara tujuan Ujame yaitu Malaysia. Perjalanan kali ini benar-benar kaya tahu bulat digoreng dadakan dan gak berencana. Karena awalnya setelah ke Singapore, Ujame berencana ke Bali. Eh Qadarullah karna iming-iming tiket murah malah belok ke sana hehehe.

  • Hunting ticket pesawat PP

Bermula pas Ujame lagi menginap bersama untuk pembuatan video promosi travel tour yang diikutsertakan dalam giveaway di akun @backpackerkorea. Nah malamnya, banyak tuh notice yang masuk kalau ada JACKPOT air asia dengan harga miring langsung deh gatel kan tuh tangan xixixi.

tiket

Tips 1: Perlu teman-teman ketahui, meskipun bukan promo, kalau teman-teman mau booking pesawat, cobalah di atas jam 12 malam ya. Biasanya maskapai akan menawarkan harga yang lebih murah. Untung-untungan sih, tapi coba aja. maybe you’re a lucky person!

Selanjutnya, apa karna Ujame lihat harga miring di travel langsung pesan di sana? oh gak dong. Ujame coba liat dari websitenya langsung buat perbandingan harga. Dan ternyata, di official websitenya lebih murah. Jadi, Ujame putuskan buat beli melalui website. Tapiiiiii dramapun dimulai, malamnya Ujame gagal booking terus. Mungkin karna banyak yang mengakses kali ya.. Tapi Alhamdulillah, keesokan harinya, baru deh Ujame berhasil buat booking ticket dan itu kondisinya lagi di atas motor dalam perjalanan kondangan ke Bogor *curcol dikit hehe. Setelah berhasil, Ujame langsung cari ATM terdekat dan transfer deh. E-ticketpun di tangan~

Fakta 1 : Apa harga di official website selalu lebih murah ya dibandingkan dengan harga jackpot di travel? Hmm.. menurut pengalaman Ujame, enggak juga. Mungkin tergantung maskapainya sih.. Waktu ke Singapore lalu, Ujame beli tiket melalui travel. Dan setelah melakukan perbandingan harga dengan official website, jauh bangeeet lebih murah melalui travel. Maskapai yang Ujame naiki waktu itu Jetstar.

Untuk tiket pesawat PP ke Kuala Lumpur, Ujame dapat harga Rp 639.300/orang ya.. Lumayan kan?? meskipun masih banyak yang lebih murah juga. Tapi ini termasuk lebih murah dari harga normal.

UPDATE!!!
September 2019 nanti, In syaa Allah Ujame mau ke Malaysia lagi hehe. Tapi kali ini ke Penang bukan Kuala Lumpur. Ujame dapet tiket PP Rp 350.000/orang. MURAAAAHH BANGEEET KAN??? Belinya di mana? di official website-nya. Caranya jadi member BIG POINT AIR ASIA dulu, trus beli pas lagi promo adanya di waktu-waktu tertentu.

  • Pilih penginapan yang recommended!

Pilih penginapan yang oke menurut Ujame penting banget sih, secara penginapan adalah tempat istirahat setelah seharian ngebolang. Jadi dengan budget yang pas-pasan harus banget sih tetep pilih penginapan yang nyaman. Nah, karna kurs rupiah ke ringgit gak terlalu mahal, makanya Ujame memutuskan untuk menginap di Hotel. Gak seperti di Singapore, Ujame menginap di Hostel yang alas tidurnya bertingkat kaya di pesantren hihihi dan cuma dibatasi tirai jadi gak ada pintu. Dan kamar mandinya pun sharing hehehe. Alhamdulillah, di KL ini Ujame menginap di Joy Inn Hotel. Hotelnya cukup murah dengan harga Rp 271.000/malam. Fasilitasnya double room, TV, kamar mandi pribadi dengan heater. Dan sudah include simple breakfast juga. Pertimbangan lain Ujame pilih hotel ini karna lokasinya di pusat kota atau KL Sentral. Jadi mau kemana aja mudah karna berada di titik transportasi umum. Ada ERL, MRT, LRT, KTM Komuter, Monorail sampai bus.

Tips 2: Jangan mudah tergiur dengan fasilitas yang ditawarkan ya, kamu baca-baca dulu review-nya terutama terkait kebersihan. Dan jangan lupa rajin-rajin untuk melihat perbandingan harga dari situs satu ke situs lainnya. Misal dari Traveloka ke Agoda, dilihat mana yang lebih murah. Kalau kemarin sih, Ujame pesan melalui Traveloka.

Fakta 2: Ternyata, hotel yang Ujame tempati mengeluarkan kebijakan baru sejak Oktober 2017. Namun sayangnya, informasi ini gak di update di website atau situs-situs iklan mereka. Jadi, bagi yang menginap dan tidak memiliki paspor Malaysia (foreigner) dikenakan biaya tambahan sebesar RM10/orang. Transkasi dilakukan saat kita check-in. Juga ada pula biaya deposit sebesar RM50/kamar dan bisa dikembalikan saat kita check-out. Tapi tetap, Ujame merekomendasikan hotel ini.

  • Sewa modem wifi yang OK

internet! secara anak jaman now gituuuu, mana bisa sih kemana-mana tanpa internet yekaaaan? internet tuh udah kaya kebutuhan primer hehehe. Apalagi buat kita yang berkunjung ke LN tanpa travel, harus banget sih punya internet buat browsing, buka maps atau eksis di instastory hehehe. Nah kemarin Ujame sewa modem wifi merek passpod. So far so good, Ujame gak ada trouble sih soal internetnya, kenceng dan aman-aman aja. Cuma sedikit kecewa karna pas Ujame pakai, modem dalam keadaan mati dan belum di charge jadi Ujame isi dulu deh. Jadi kalo kamu nanti mau pakai passpod juga, minta sama mbak atau masnya buat memastikan passpod siap pakai ya…

photo6082379599532107780-1-e1527580907167.jpg
Maaf ya kualitas gambar gak bagus, boleh ambil dari highlight story Ujamegaja 🙁

Harga passpod buat ke Malaysia sendiri Rp 50.000/hari. Ujame 3 hari pemakaian jadi Rp 150.000. Ada deposit wajib juga sebesar Rp 500.000 jadi total Rp 650.000. Untuk pengembalian dana deposit sendiri sekitar H+5 setelah pengembalian passpod. Kalau untuk pengambilan dan pengembalian passpodnya sendiri itu ada 3 cara; datang langsung ke kantornya, melalui kurir atau bertemu langsung di bandara antara pukul 07.00 – 22.00 WIB. Kalau Ujame sih pas ngambil bertemu di bandara dan pas mengembalikan di antar melalui kurir.

Tips 3: Kalau misalnya kamu mau passpodnya di antar langsung ke rumahmu, bisa sajaaaaa.. Ujame juga merekomendasikan kok. Tapi kamu harus persiapan dari jauh-jauh hari untuk booking passpodnya. Dan untuk biaya kurirnya tetap kamu yang tanggung ya 🙂

  • Survey dan tuker uang ke money changer yang murah

Gak mungkin kan kalo kita ke LN transaksinya pakai rupiah? Ya gaklah, orang mata uangnya beda. Kalo mau ke Malaysia ya kita pakainya ringgit. Jadi kita mesti tukerin dulu rupiah kita ke ringgit.  Ya semua juga taulah yaaa hehehe. Nah berdasarkan pengalaman ke Singapore sebelumnya, Ujame sempat survey money changer di beberapa tempat. Di sekitaran Margonda (4 money changer), di Gandaria City (2 money changer) dan terakhir di Plaza Kalibata. Dari yang Ujame survey, yang paling murah itu Gandaria City tepatnya di Lt. LG Unit L-51. Jangan salah ya, soalnya ada 2 money changer di sana! waktu itu harga tukar untuk 1RM = Rp 3.570. Paling murah, karna di money changer lainnya lebih tinggi dari itu. Dan Ujame membeli 550RM untuk berdua. Kalau dirupiahkan Rp 1.963.500. Jadi dibagi dua, masing-masing Ujame membawa bekal sekitar Rp 981.750.

Tips 3: Kalau bisa sih saat kamu menukarkan uang di saat kurs gak tinggi ya.. tapi itu sulit apalagi kalau perginya dadakan kaya Ujame jadi mau gak mau hehe. Trus juga minta pecahan kecilnya ya.. misal beberapa lembar 10RM. Jadi kamu juga gak sulit pas di sana buat jajan-jajan.

 

Hmm.. mungkin itu aja hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum liburan murah ke Malaysia. Kalau dirangkum dengan biaya per orang seperti ini:

  1. Tiket PP Pesawat JKT-KL I KL-JKT                                            Rp     639.300

  2. Hotel 2 malam (271.000*2malam= 542.000 /2 orang)            Rp     271.000

  3. Sewa modem (50.000*3hari=150.000/2 orang)                       Rp       75.000

  4. Uang pegangan selama di KL 550RM=Rp1.963.500/2 orang) Rp     981.750

TOTAL                                                                                              Rp 1.967.500

 

Note:

  • Belum termasuk ongkos PP dari rumah ke Bandara Soekarno Hatta
  • Kamu bisa lebih irit ya.. kalau jajan atau makan kamu gak banyak, uangnya bisa sisa dan bisa kamu tukarkan kembali ke rupiah. Seperti Ujame hehehe

Udah sih itu aja, selanjutnya, kamu mau tau itinerary Ujame selama di KL ngebolang kemana aja? berapa biaya transport, HTM wisata dan makan di sana? klik di sini ya..

Mungkin kamu juga suka ini

56 Komentar

    1. Iya, mbak Helena. Better di Indonesia aja hehehe..
      Cuma itu ya mbak, ada depositnya juga. Aku udah coba passpod sama javamifi, masing2 depositinya 500rb mbak lumayan juga, tapi balik sih hehe

  1. Emang kadnag promo2 itu bikin traveling keluar negeri jadi lebih murah.
    Saya pernah iseng ngecek, pas lebaran, ya ampun lebih murah ke Malaysia ketimbang mudik ke Sulawesi.
    Semacam mau pingsan liat harganya hiks

    1. Jauh banget mba, emang lebih murah ke Malaysia daripada ke Indo yang di timur-timur. Kadang sedih 🙁 Indonesia itu indah, tapi harga pesawatnya luar biasa mbak :'(

  2. sayang banget ketemu Ujame pas udin jadi emak anak 2 wkwkwk coba masih gadis belia aku pasti ikutan Ujame nih traveling mancanegara hahaha,,
    mursida banget budgetnya ya Ujame, btw aku pas ke KL cuman bekel 200 RM wkwkwk

  3. Wahhh yang bener ni kurang dari 2 JT. Hehe tapi jujur ya banyak yang bilang keluar negeri itu lebih murah daripada Plesiran ke dalam negeri terutama ke Indonesia bagian tengah sama timur, ongkosnya aja berjuta juta.

  4. Waktu masih tinggal di Batam sempat ngerasain harga tiket ke Singapura dan Malaysia jauh lebih murah daripada tiket mudik ke Jawa. Jadilah, kalo liburan lebih sering nyeberang ke negara tetangga.

    1. Iya mba, depositnya nanti langsung dikirim ke rekening kita.
      Di Indo mba, bisa langsung diantar ke rumah, datang langsung ke kantornya atau ketemuan di bandara Soetta mbak

  5. 안녕 하세요

    Baru pertama kali mampir ke rumah cantiknya Ujame niih…
    Ternyata hobi travelling bisa seru begini yaa…Ada banyak tips trik demi mendapatkan tiket pesawat murah.

    Jagooo…

  6. Tos dong mba, aku juga kalau ke L, hobinya ngandalin wifi bandara atau hotel, HAHAHA
    Fyuuh, bangga gitu…

    Tapi, sekarang aku punnya modem Mifi (Mobile Wifi) XL GO Izzi yang bisa di pakai di 10 negara.

    Harganya Rp 479.000 – 20GB berlaku satu tahun
    Kuota berlaku selamanya dan bisa diisi ulang lho.

    Ini bukan sponsored post lho ya, HAHAHA
    Just sharing…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.